Home Ekbis Optimalkan Pasar, Bank Jateng Harus Gandeng BPR-BKK

Optimalkan Pasar, Bank Jateng Harus Gandeng BPR-BKK

SEMARANG, 07/02 (Beritajateng.net) – Kegelisahan kalangan BPR – BKK terhadap ekspansi pasar mikro yang dilakukan oleh Bank Jateng direspon Komisi C DPRD Jateng. Ketua Komisi C Asfirla Harisanto minta Bank Jateng untuk menggandeng BPR-BKK dalam menggarap pasar mikro.

“Saya minta Bank Jateng menggandeng BPR-BKK dengan membuka kantor kas di setiap kelurahan,” ungkapnya, Rabu (07/02).

Dengan cara seperti ini, jelas Asfirla, akan terjadi sinergi yang bagus antara kedua lembaga keuangan yang sahamnya dimiliki oleh Pemprov Jateng dan Kabupaten/Kota tersebut.

Bank Jateng yang memiliki aset dan modal besar berjejaring dengan BPR BKK yang memiliki jaringan dan SDM sampai ke pelosok desa.

“Jangan seperti sekarang, Bank Jateng masuk ke pasar pasar tradisonal dan ke UMKM yang selama ini jadi pasarnya BPR-BKK. Ini sama saja membunuh saudara mudanya,” katanya.

Selain persoalan perebutan pasar, politisi yang akrab disapa Bogi ini mengkritisi teknologi layanan nasabah yang saat ini dimiliki Bank Jateng. Menurut Bogi, manajemen Bank Jateng ridak kreatif dalam mengikuti tren teknologi yang berkembang.

Dia mencontohkan belum diterapkannya internet dan SMS Banking, sangat terbatasnya anjungan tunai mandiri (ATM) yang dimiliki dan mobil layanan nasabah yang diparkir justru di sekitar kantor Bank Jateng.

“Kalau mau menjadi bank yang besar dan pelayanannya bisa mendekati nasabah, ATMnya diperbanyak dong. Buka kantor kas dan ATM sampai ke desa desa,” pintanya.

(NK)