Home Headline Operasi Tangkap Tangan Pungli, Petugas Bea Cukai Semarang Dibekuk Polisi

Operasi Tangkap Tangan Pungli, Petugas Bea Cukai Semarang Dibekuk Polisi

Ilustrasi

SEMARANG, 11/11/2016 (BeritaJateng.net) – Seorang oknum petugas Bea Cukai Semarang, Jhony Haposan diperiksa Unit Tipikor Sat Reskrim Polrestabes Semarang, atas dugaan pungutan liar yang dilakukannya semenjak ia bertugas di Semarang, bulan Juni lalu. Pungutan yang dilakukannya tidak tanggung-tanggung, mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 60 juta.

Jhony Haposan ditangkap atas dugaan melakukan praktik pungutan liar terhadap Pengusaha Pengurus Jasa Kepabeanan (PPJK) berinisial EMKL, untuk kepengurusan dokumen impor.

“Setiap pengurusan impor, nilai nominal pungutannya sekitar Rp 2 juta sampai Rp 60 juta”. Ungkap Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji di depan kantor Unit Tipikor Sat Reksrim Polrestabes Semarang, Jumat (11/11).

Sejak bulan Juni lalu, Jhony Haposan yang menjabat sebagai Pejabat Fungsional Pemeriksa Dokumen di Kantor Pengawas dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas Semarang, melakukan pungli atau pungutan liar setidaknya sudah ada Rp 500 juta total yang didapatkannya. Uang hasil punglinya tersebut, ditampung di dalam 4 rekening atas nama yang berbeda.

“Total ada Rp 500 juta. Dimulai sejak bertugas disini, bulan Juni hingga bulan November ini. Ada 4 kartu ATM, atas nama rekening berbeda milik orang lain. Milik siapa kami belum mengetahuinya,” terangnya.

Besar kecilnya nominal pungli, ditentukan dari besar kecilnya barang yang akan diimpor. Ada beberapa barang bukti diamankan petugas, guna penyelidikan.

“Barang bukti yang diamankan, ada uang Rp 340 juta di dalam rekening beserta 4 buah kartu ATM. 4 handphone serta uang tunai Rp 3 juta, juga berhasil diamankan,” jelas Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji.

Berkat kerjasama Polrestabes Semarang, Polda Jateng, serta Bareskrim Polri, Jhony Haposan berhasil ditangkap sekitar pukul 19.00 Wib, di tempat pijat yang berada di Jl. Mayjen Sutoyo Semarang, Kamis (10/11/2016) malam kemarin. Penyidik juga menggeledah tempat kost Jhony di Graha Bukit Wahid Blok B2/27 Simongan, Kota Semarang. (BJ 03)

Advertisements

Comments are closed.