Home News Update One Student Five Tree, Program UNS Wujudkan Green Campus

One Student Five Tree, Program UNS Wujudkan Green Campus

643
Ravik Karsidi

SOLO, 17/5 (BeritaJateng.net) – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo,  Ravik Karsidi menyampaikan program One Student Five Tree adalah gerakan nasional yang  sudah menjadi kesepakatan pihak kampus yang di dukung juga oleh Kementrian Lingkungan Hidup. Yang berlaku bagi seluruh mahasiswa sebelum mereka lulus.

“Program juga melibatkan semua mahasiwa. Mereka tidak boleh wisuda atau  mengambil ijazah sebelum menanam lima pohon,” terang Ravik Karsidi di Kampus UNS Solo Jawa Tengah.

Nantinya mahasiwa harus melampirkan surat bebas tanam pohon. Dimana surat tersebut akan  dilampirkan saat mengambil ijazah seperti halnya surat bukti bebas pinjaman buku perpustakaan dan syarat wisuda lainnya. Penanaman pohon tersebut dibuktikan oleh adanya surat bebas tanam pohon.

Untuk memantau program tersebut, UNS telah menerapkan sistem online untuk melakukan monitoring. Dalam setahun UNS mewisuda sekitar 8.000 dari berbagai program baik D3, maupun S1. Sehingga setiap tahunnya UNS mampu menyumbang sebanyak 40 ribu pohon yang berasal dari sumbangan mahasiswa.

Sebenarnya sejak tahun 2013 lalu namun UNS sudah menerapkan program menanam pohon bagi mahasiswa. Namun kebijakan itu baru 1 pohon saja.  Baru pada tahun 2015 lalu kebijakan mahasiswa harus menanam lima pohon diberlakukan dan mendapat apresisasi dari Kementrian Lingkungan Hidup.

” Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup juga mendukung program UNS menjadi green campus,” pungkas Ravik.(bj24)

Advertisements