Home Ekbis Ombak Tinggi Pengaruhi Hasil Tangkapan Nelayan

Ombak Tinggi Pengaruhi Hasil Tangkapan Nelayan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 21/1 (Beritajateng.net) – Ombak tinggi berpengaruh terhadap hasil tangkapan ikan oleh nelayan di Jawa Tengah, kata Kepala Bidang Perikananan Tangkap Dinas Perikanan dan Kelautan Jateng Ferdiawan.

“Kondisi ini sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu dan hingga saat ini gelombang air laut masih tinggi,” katanya di Semarang, Rabu.

Penurunan hasil tangkapan ikan sendiri mencapai 10-15 persen dibandingkan saat normal. Sebagai gambaran dalam satu bulan hasil tangkapan ikan bisa mencapai 20 ribu ton.

“Kondisi ini biasa terjadi, untuk 2013 cuaca buruk yang akhirnya memengaruhi operasional nelayan berlangsung selama tiga bulan yaitu Oktober hingga Desember,” katanya.

Menurutnya, dengan kondisi saat ini nelayan dengan kapal di atas 5 Gross Ton (GT) masih bisa melaut namun nelayan dengan kapal di bawah ukuran tersebut tidak bisa melaut terutama jika gelombang pada saat itu terlalu tinggi.

“Kalaupun tetap melaut maka jaraknya tidak lebih dari 2 mil, untuk normalnya nelayan dengan kapal di bawah 5 GT bisa melaut hingga kejauhan 4 mil,” katanya.

Dampak dari penurunan hasil tangkapan ikan tersebut yaitu terjadi kenaikan harga antara 5-10 persen. Menurutnya, kondisi tersebut biasa terjadi jika hasil tangkapan ikan mengalami penurunan.

“Saat ini hampir semua jenis ikan mengalami kenaikan harga tetapi memang ini merupakan kondisi yang biasa terjadi setiap tahun,” katanya.

Sementara itu, menurut dia, sejumlah nelayan yang tidak bisa melaut maka akan memanfaatkan waktu untuk memperbaiki kapal dan alat yang rusak.

Berdasarkan data dari Dinas Perikanan dan Kelautan Jateng, tinggi ombak rata-rata saat ini antara 0,75-1,25 meter, namun pada saat tertentu tinggi ombak bisa mencapai 2,5 meter.

Untuk saat ini, pihaknya memrediksi cuaca buruk yang berakibat pada tingginya ombak tersebut akan mulai reda pada awal bulan Februari. Diharapkan pada saat itu nelayan dengan ukuran kapal baik kecil maupun besar bisa beroperasi seperti biasa.(ant/Bj02)

Advertisements