Home Ekbis OJK DIY Tangani 178 Aduan Masyarakat

OJK DIY Tangani 178 Aduan Masyarakat

Pusat Layanan Aduan OJK (dok)

Yogyakarta, 16/11 (BeritaJateng.Net) – Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta telah menangani 178 persoalan produk jasa keuangan yang diadukan oleh masyarakat setempat hingga 30 Oktober 2014.

“Kebanyakan yang diadukan adalah mengenai perbankan,” kata Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY Dani Surya Sinaga, Minggu (16/11).

Menurut dia pengaduan masyarakat yang paling dominan adalah persoalan di bidang Perbankan yang mencapai 131 aduan. Sementara bidang institusi keuangan nonbank seperti asuransi dan pasar modal sebanyak 35 aduan. Ada juga pengaduan di luar pengawasan OJK mencapai 12 aduan.

“Hingga kini, yang dominan memang masih terkait perbankan, meskipun penggunaan jasa keuangan non-bank seperti asuransi juga meningkat,” katanya.

Menurut dia, mengenai kasus perbankan tersebut, pada umumnya terkait dengan persoalan kredit yang bermasalah. Yaitu kredit nasabah yang mengalami kemacetan sehingga masuk dalam tahap penyitaan aset.

Adapun tindak lanjut OJK atas aduan tersebut, Dani menjelaskan, pihaknya telah mengeluarkan 45 surat konfirmasi dan teguran serta memfasilitasi pertemuan konsumen dan pelaku usaha jasa keuangan.

“Sementara sebanyak 47 pengaduan masih dalam proses penyelesaian,” kata dia.

Dia mengakui penggunaan produk jasa keuangan baik bank maupun non-bank di DIY terus mengalami peningkatan. Meski demikian, belum seluruhnya memiliki pemahaman memadai mengenai tata cara penggunaan maupun risiko yang didapatkan ketika menggunakan produk keuangan tersebut.

“Sehingga, literasi keuangan di kalangan masyarakat terus kami upayakan,” kata dia. (ant/pri)

Advertisements