Home Lintas Jateng Normalisasi Kali Semarang, Pemkot Bakal Bangun Jalan Inspeksi Kuningan

Normalisasi Kali Semarang, Pemkot Bakal Bangun Jalan Inspeksi Kuningan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 19/10 (BeritaJateng.net) – Guna mendukung program normalisasi Kali Semarang, pemerintah dalam waktu dekat akan membangun jalan inspeksi di kiri dan kanan sungai. Tak hanya di Kali Semarang, jalan inspeksi juga akan dibangun di Kali Baru dan Kali Asin.

Program tersebut untuk mendukung peningkatan kualitas lingkungan sekitar sungai-sungai di kota Semarang. Camat Semarang Utara Djaka Sukawijana mengatakan, untuk mendukung program pemerintah tersebut, rencananya akan dilakukan pengecoran dan betonisasi jalan inspeksi di wilayah kelurahan Kuningan, kecamatan Semarang Utara, Semarang.

“Pelaksana lapangan sudah cek lokasi, sudah sosialisasi juga kepada masyarakat, rencananya awal November 2015 ini akan dimulai pembangunan,” ujar Djaka.

Jalan inspeksi yang memiliki volume sekitar 900 meter ini akan dibangun disepanjang bibir sungai mulai dari kawasan rumah pompa bom lama kearah utara hingga depan Makam RW4 Semarang Utara.

“Pembangunan jalan inspeksi ini merupakan salah satu kebutuhan akses untuk pemeliharaan kali Semarang, sehingga nantinya alat berat bisa leluasa masuk untuk mengeruk pendangkalan sendimentasi tanah di sungai kali Semarang,” imbuhnya.

Djaka yakin rencana pembangunan jalan akan berjalan lancar karena jalan inspeksi yang dibangun tidak memerlukan pembebasan lahan. “Lebarnya sekitar lima meter, jadi tidak ada pembebasan lahan,” katanya.

Selain rencana pembangunan jalan inspeksi wilayah Kuningan, Pemkot Semarang juga tengah melakukan proses pembangunan jalan di jalan Hasanudin, pengecoran di jalan Ronggowarsiti dan pengerukan di wilayah Purwosari di jalan sekitar patriot V sebagai upaya mendukung program antisipasi banjir di musim penghujan. (Bj)