Home Ekbis Nongkrong Asyik Bernuansa Kereta di Loko Coffee Shop Kota Lama Semarang

Nongkrong Asyik Bernuansa Kereta di Loko Coffee Shop Kota Lama Semarang

475
Peresmian Loko Coffee Shop Kota Lama Semarang.

SEMARANG, 2/7 (BeritaJateng.net) – Ada yang baru di Kota Lama Semarang, jika biasanya coffee shop bernuansa klasik bahkan modern dengan ornamen yang hampir selalu sama. Kini, di Kota Lama Semarang tepatnya seberang Stasiun Semarang Tawang hadir coffee shop unik bernuansa kereta api.

Ya.. Loko Coffe Shop Semarang namanya, tempat nongkrong asyik yang menyajikan pilihan menu 180 varian kopi, makanan sehat dan jamu ditambah nuansa dan ornamen khas kereta api akan menambah daya tarik pengunjung.

Anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) yakni PT. Reska Multi Usaha (RMU), telah menggelontorkan dana sebesar Rp 3 miliar untuk investasi kedai kopi (coffe shop) Loko Coffee di Kota Lama Semarang, yang merupakan salah satu destinasi wisata yang digemari wisatawan.

Bertepatan dengan HUT PT Reska Multi Usaha yang ke 17 tahun, PT RMU kembali membuka cabang baru dari Loko Café di Kota Semarang.

Vice Presiden Bisnis Development and Product, PT. RMU, Agung Wahyu Wibawanto, mengatakan jika nilai investasi Loko Coffe di Kota Lama senilai Rp 3 miliar ini diyakini memiliki pasar yang potensial.

“Saya optimis meski dimasa pandemi, pasar di Semarang sangat potensial. Dan dari analis kami, selama dua tahun sudah bisa Break Event Point (BEP),” katanya dalam soft launching Loko Coffe, Kamis (2/7).

Sampai saat ini, lanjutnya, Loko Coffe memiliki 11 cabang yang ada di beberapa daerah operasi (Daop), termasuk di Daop 4 Semarang yang letaknya ada di depan Stasiun Tawang.

“Sudah ada 11 cabang, ornamennya memang kita buat khas KA,” pungkasnya.

Sebagai anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), Loko Coffee Shop ini memiliki ornamen khas Kereta seperti terdapat Genta, Kursi Kereta Bisnis dan meja yang terbuat dari bantalan kayu rel Kereta. Desain bangunan yang unik semakin menambah daya tarik tersendiri di Kawasan Kota Lama Semarang.

Walaupun Loko Coffe Shop Semarang membuka layanan makan di tempat, Loko Coffee Shop menerapkan standart protokol COVID19 dalam pelayanannya. Loko Coffee Shop menerapkan pemesanan pay on table.

Pengunjung yang dapat melakukan pemesanan dengan tetap berada di meja dan scan barcode yang ada di meja menggunakan aplikasi Lokomart.

Aplikasi tersebut dapat diunduh di Google Playstore secara gratis. Setelah memilih menu yang diinginkan, pengunjung dapat menyelesaikan pemesanan dan melakukan pembayaran secara cashless melalui LinkAja, GoPay atau transfer rekening Virtual BNI setelah itu pengunjung tinggal menunggu pesanan datang.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ini bertujuan mengurangi kontak secara langsung dan mencegah penyebaran COVID19. Pengunjung bisa merasa nyaman selama berada di Loko Coffee Shop.

Bertepatan dengan HUT PT RMU dan soft launching Loko Coffee Shop Semarang, PT RMU meluncurkan beberapa menu baru yang dapat diakses melalui Lokomart yaitu aneka sambal, Healthy Food dan aneka jamu dengan nama Jamulo.

Segmen yang dibidik, lanjut dia adalah semua kalangan, termasuk pengguna kereta api (KA) yang akan berangkat ataupun usai menggunakan moda transportasi.

“Sementara ini kota terapkan layanan online untuk mengurangi kontak langsung, sistemnya bayar langsung ditempat dengan menggunakan uang elektronik,” jelasnya.

Ia menjelaskan, perbedaan Loko Coffe dengan kopi shop lainnya adalah menjalin kerjasama dengan komunitas kopi nusantara. “Kita punya 180 varian menu kopi, juga makanan sehat dan jamu,” paparnya.

Sementara itu, Executive Vice President PT. KAI Daop 4 Semarang, Muhammad Nurul Huda Dwi Santoso, menjelaskan jika kehadiran Loko Coffe ini bisa mendongkrak sektor wisata di Kota Lama Semarang.

“Lokasinya bagus, banyak turis dan wisatawan yang datang ke Kota Lama. Tempat ini sangat representatif untuk mencoba aneka kopi nusantara, bisa buat nongkrong, ngopi ataupun meeting,” tambahnya. (El)