Home News Update Nih! Ada Ribuan Lowongan Pekerjaan

Nih! Ada Ribuan Lowongan Pekerjaan

image

Semarang, 13/4 (Beritajateng.net)-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Semarang menyiapkan ribuan lowongan pekerjaan. Pasalnya, paska kelulusan ujian nasional sekolah menengah tingkat atas, para pencari kerja diperkirakan membludak.

Kepala Disnakertrans Kota Semarang Eddy Riyanto mengatakan, lowongan pekerjaan yang telah disiapkan sebanyak 8.439 lowongan. Pekerjaan tersebut tersedia di puluhan perusahaan, perhotelan, dan perbankan yang ikuti job fair di Disnakertrans pada 15-16 April mendatang.

“Jadi ada job fair yang akan diikuti oleh 74 perusahaan menengah dan besar, serta perhotelan dan perbankan milik pemerintah dan swasta,” kata Eddy.

Saat ini sekolah menengah tingkat atas akan ujian nasional, sehingga diperkirakan pencari kerja akan membludak. Karena para siswa setelah selesai sekolah sebagian pasti ada yang memilih bekerja. Saat ini, setiap hari, pencari kerja sekitar 25 sampai 30 orang. Nanti diperkirakan bisa meningkat mencapai 300 orang per hari.

Disnakertrans juga memberikan pelatihan, pembinaan, dan permodalan untuk penciptaan lapangan kerja. Khususnya diberikan kepada warga masyarakat yang ingin memiliki ketrampilan dan melakukan wirausaha yang difasilitasi pemkot.
‘’Setiap tahun ada pelatihan menjahit, membatik, dester, tata rias, tata boga, hingga pelatihan otomatif. Dengan target 500 orang, gratis, hanya menyerahkan fotokopi KTP,’’ katanya.

Disnakertrans juga memberikan kursus cepat kepada 250 orang selama 30 hari sampai bisa dan siap disalurkan ke perusahaan-perusahaan. Setelah lulus mereka diberikan sertifikat. Dalam hal ini Disnakertrans telah melakukan kesepakatan kerjasama dengan sejumlah perusahaan dalam dan luar negeri.

‘’Warga juga dapat mengusulkan melalui kelurahan untuk mendapatkan pelatihan yang sifatnya kewirusahaan. Misal tata boga, tata rias, menjahit, ternak kambing, budidaya lele, dan sebagainya. Bahkan jika membutuhkan modal kami siap fasilitasi melalui koperasi,’’ terangnya.(semarangkota.go.id/BJ)