Home Lintas Jateng Nginep di Wonogiri, Ganjar Ditodong Air dan Perbaikan Jalan

Nginep di Wonogiri, Ganjar Ditodong Air dan Perbaikan Jalan

Ganjar

Wonogiri, 6/8 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ngantor di sejumlah daerah di antaranya di wilayah krisis air seperti di Wonogiri, Kamis.

Saat berdialog dengan warga Gambirmanis Pracimantoro, warga menodong gubernur ganteng berambut putih itu untuk segera menyediakan air bersih dan perbaikan jalan.

Menjawab permuntaan warga, Gubernur Ganjar Pranowo mengaku akan segera menyatakan darurat kekekeringan pada sejumlah wilayah di Jawa Tengah, termasuk Wonogiri.

“Sebentar lagi akan saya nyatakan darurat kekeringan,” katanya.

Ganjar mengungkapkan Grobogan merupakan wilayah paling parah yang mengalami kekeringan, disusul kemudian Blora dan Pati. Sedang untuk wilayah Wonogiri dipandang tidak separah tiga wilayah tersebut.

“Kami akan mengupayakan solusi permanen. Diantara dengan pembuatan sumur bor, pengadaan pompa air dan rehabilitasi telaga. Sudah mulai didata berapa titik air tanah untuk sumur bor, berapa yang butuh pompa dan telaga atau luweng yang perlu diperbaiki,” terangnya.

Dirinya mengatakan, untuk perbaikan ruas jalan provinsi di Kabupaten Wonogiri perlu waktu cukup lama.

“Bisa lihat sendiri jalan provinsi di Wonogiri banyak yang rusak dan bergelombang, termasuk yang di Pracimantoro. Butuh waktu dua tahun untuk menyelesaikan perbaikan jalan itu,” ungkapnya.

Usai berdialog, Ganjar menginap di salah satu rumah penduduk di Desa Gambirmanis Pracimantoro. (BJ09)