“Semarbot”, Maskot Pilkada Jawa Tengah 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah meluncurkan “Semarbot” sebagai maskot pemilihan kepala daerah untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah  yang akan digelar 27 pada November 2024.

Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono saat peluncuran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024 di Semarang, Sabtu malam, mengatakan, maskot pilkada tahun ini diadopsi dari tokoh Semar yang bijaksana dan mengayomi.

“‘Semarbot’, Semar dengan konsep visual kekinian. Gaya maskot cyber robotic,” katanya.

Menurut dia, berkaca dari sosok Semar, pada pemilihan gubernur nanti akan dihasilkan pemilih yang bijaksana dan mengayomi masyarakat Jawa Tengah.

Adapun untuk slogan pemilihan gubernur tahun ini, kata dia, KPU mengambil tema Luwih Becik Luwing Nyenengke (lebih baik lebih menyenangkan).

Ia menjelaskan tema tersebut dipilih dengan maksud pelaksanaan pilkada dilandasi dengan semangat gotong royong yang riang gembira untuk memilih pimpinan terbaik Jawa Tengah.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh penyelenggara pilkada untuk bekerja dengan penuh integritas serta memastikan diri untuk selalu berada dalam jalur yang benar untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Sementara Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari meminta KPU Jawa Tengah untuk hati-hati dalam mengelola keuangan dalam penyelenggaraan pilkada ini.

“Hati-hati mengelola keuangan yang bersumber dari APBN dan APBD, harus dikelola dengan baik,” katanya.

Sebagai institusi yang memiliki karakter lembaga layanan, menurut dia, pemilih dan peserta pilkada harus memperoleh pelayanan yang baik.

“Pastikan pemilih dapat menggunakan hak pilihnya dan peserta pemilu dapat berkompetisi. Harus hati-hati dan cermat,” katanya.(ant)

Array
Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup