Mahasiswa KKN USM Kenalkan Pencegahan Kebencanaan kepada Anak-anak

 SEMARANG – Tim mahasiswa KKN tematik Universitas Semarang mengadakan kegiatan salah satu program kerja “Individu Mengenai Pengenalan Kebencanaan Banjir dan Kebakaran” dengan konsep game. Sasarannya anak-anak Kelurahan Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 23 Juni 2024 ini diikuti mahasiswa KKN tematik sebagai panitia inti dalam acara tersebut serta dibantu anggota karang taruna dari Kelurahan Purwodinatan. Kegiatan ini diikuti oleh 15 anak.

Hilda Anggie Denisha, pemilik program kerja tersebut, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana pengenalan kebencanaan kepada anak-anak usia dini yang rawan bencana.

“Saya aangat berharap dengan adanya kegiatan ini setidaknya kami sebagai Tim KKN tematik dengan tema kebencanaan dapat memberikan gambaran mengenai bahayanya bencana. Maka dari itu kita akan mengenalkan hal-hal dasar yang mudah dipahami oleh mereka dan dapat diterapkan di kehidupannya sehari-sehari dalam hal mencegah terjadinya bencana,” kata Hilda Anggie.

Aprillia Yayang, Ketua KKN Tematik di Purwodinatan, mengatakan, “Saya betul – betul berterima kasih kepada penyelenggara utama program kerja ini. Selain kita dapat mengenalkan apa itu bencana dan bagaimana mencegahnya silaturahmi antaranggota KKN pun terjalin dengan baik. Acara yang diadakan pun memiliki konsep yang have fun atau menyenangkan sehingga anak-anak akan mudah menyerap hal-hal yang kita sampaikan.”

Sri Hartini, Lurah Purwodinatan, berterima kasih karena dengan adanya kegiatan ini selain mengenalkan pencegahan bencana anak-anak juga teredukasi dalam pengenalan permainan tradisional.

Beberapa tema materi yang diberikan untuk anak-anak yaitu materi pengenalan bencana banjir dan kebakaran. Materi yang diberikan disampaikan melalui konsep game ular tangga berisi langkahg-langkah jika terjadi kebakaran, banjir, penyebab bencana dan tindakan yang dapat mencegah hal tersebut.

Peserta juga menerima bingkisan dan buku animasi mengenai materi kebencanaan. (*)

Array
Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup