Home Lintas Jateng Nelayan Kampung Laut Keluhkan Pembatasan Penangkapan Lobster

Nelayan Kampung Laut Keluhkan Pembatasan Penangkapan Lobster

kapal nelayan

Cilacap, 7/2 (BeritaJateng.net) – Nelayan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengeluhkan pembatasan penangkapan lobster yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan Perikanan Nomor 1/Permen-KP/2015.

“Dengan kondisi alam kita sekarang seperti ini, kami mencari Rp10 ribu di sini, sekarang susah. Makanya sebagian ada yang alih profesi menjadi petani sawah dan sebagian melaut di Samudra Hindia,” kata salah seorang nelayan, Jumo Anwar di Kampung Laut, Sabtu.

Akan tetapi dengan adanya Peraturan Menteri KP Nomor 1/Permen-KP/2015, kata dia, nelayan Kampung Laut merasa “sakit” karena tidak boleh menangkap lobster di bawah 2 ons atau berukuran kurang dari 8 centimeter.

Menurut dia, peraturan tersebut akan “membunuh” nelayan Kampung Laut yang sebagian besar merupakan pencari lobster.

“Mayoritas lobster yang ada di pesisir Nusakambangan itu di bawah 2 ons, sedangkan yang harus kita cari di atas 3 ons (berukuran lebih dari 8 centimeter, red.),” ungkapnya.

Oleh karena itu, dia mengharapkan peraturan tersebut ditinjau ulang karena jika tetap diberlakukan akan menyengsarakan nelayan.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Bidang Organisasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap Indon Tjahjono mengatakan bahwa pihaknya mendukung kebijakan Menteri KP Susi Pudjiastuti yang melarang penangkapan lobster berukuran kurang dari 3 ons, karena ukurannya sangat kecil.

Menurut dia, larangan tersebut mendukung perkembangbiakan lobster.

“Kalau ditangkap, harus dilepas kembali sama seperti kepiting yang bertelur. Ini dalam rangka pelestarian sumber-sumber perikanan,” ujarnya.

Dalam Pasal 2 Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1/Permen-KP/2015 disebutkan “Setiap orang dilarang melakukan penangkapan Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan Rajungan (Portunus pelagicus spp.) dalam kondisi bertelur”.

Sementara Pasal 3 ayat 1 disebutkan “Penangkapan Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan Rajungan (Portunus pelagicus spp.) dapat dilakukan dengan ukuran: a. Lobster (Panulirus spp.) dengan ukuran panjang karapas lebih besar 8 cm (di atas delapan sentimeter); b. Kepiting (Scylla spp.) dengan ukuran lebar karapas lebih besar 15 cm (di atas lima belas sentimeter); dan c. Rajungan (Portunus pelagicus spp.) dengan ukuran lebar karapas lebih besar 10 cm (di atas sepuluh sentimeter)”. (ant/BJ)

Advertisements