Home Ekbis Nasib PKL Sunday Market Manahan Solo Tunggu Kejelasan dari Walikota

Nasib PKL Sunday Market Manahan Solo Tunggu Kejelasan dari Walikota

Subagyo, Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) kota Solo.

SOLO, 28/5 (BeritaJateng.net) –  Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Subagiyo menjelaskan masalah penataan PKL yang  berjualan di seputar kawasan Stadion Manahan setiap hari Minggu (Sunday Market) akan diputuskan Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo usai lebaran nanti.

Pemerintah Kota Solo berencana mengembalikan kawasan Stadion Manahan Solo sebagai lokasi untuk berolahraga dan harus striil bagi pedagang kaki lima yang setiap hari Minggu memenuhi kawasan Stadion Manahan Solo.

Pedagang hanya boleh berjualan disekitar blok A/B Stadion Manahan selama ini digunakan untuk road race, trotoar luar Velodrom, dan seputaran Patung Manahan saja. Selain itu lokasinya dilarang untuk berjualan.

Subagyo menjelaskan hasil dari pendataan yang dilakukan Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) ada sekitar 1.539 pedagang yang berjualan di Sunday Market Manahan. Namun 45 persennya tercatat bukan warga Solo.

“Kebijakan dan kewenangan ada di tangan pak Walikota. Kita tunggu intruksinya seperti apa,” jelasnya di Solo Jawa Tengah.

Seperti diketahui sejumlah pedagang yang berjualan di kawasan stadion Manahan cukup banyak. Mereka rata-rata berjualan sudah cukup lama. Pedagang menolak dipindahkan karena lokasi alternatif  yang disediakan Pemkot Solo  dinilai tidak strategis.

Setidaknya ada lima titik yang direncanakan sebagai lokasi bagi pedagang Sunday Market yakni kawasan Car Free Day (CFD) Jl. Ir. Juanda, Bumi Perkemahan Jurug, lapangan Mojosongo, Pedaringan, dan lapangan Pura Mangkunegaran.

Sementara itu anggota Komisi III DPRD, Suharsono, belum lama ini juga berharap agar kebijakan Pemkot harus difikirkan secara matang karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Banyak yang yang bergantung hidupnya di lokasi tersebut.

“Jangan buru-buru mengambil keputusan terkait relokasi pedagang Sunday Market. Meski tujuannya untuk mengembalikan fungsi awal stadion Manahan,” pungkasnya. (Bj24)