Home Headline Musim Penghujan Jalan-jalan di Jepara Rusak Parah

Musim Penghujan Jalan-jalan di Jepara Rusak Parah

Jalan Rusak

Jepara, 27/01 (BeritaJateng.net) – Memasuki musim penghujan sejumlah ruas jalan di Kabupaten Jepara mulai mengalami kerusakan. Kondisi ini tentu membuat pengguna jalan tidak nyaman dan membahayakan.

Dinas Bina Marga Energi Sumber Daya Mineral (DBM-ESDM) Kabupaten Jepara mulai melakukan survey dan evaluasi kerusakan. Kepala Bidang Bina Marga Dinas BM-ESDM Kabupaten Jepara Hartaya mengatakan pihaknya telah melakukan perencanaan pemeliharaan dan peningkatan jalan. Pemeliharaan jalan dilakukan di masing-masing kecamatan.

“Dari hasil survey yang telah kami lakukan di lapangan, rata-rata terdapat sebanyak tujuh ruas jalan di masing-masing kecamatan yang mengalami kerusakan,” terang Hartaya.

Hartaya melanjutkan untuk peningkatan jalan juga akan dilakukan di beberapa ruas jalan. Pihaknya mengaku telah melakukan perencanaan peningkatan jalan.

Diantaranya, peningkatan jalan beton bakal dilakukan di Desa Kedungmalang dan Desa Gerdu Kecamatan Kedung.

Sedangkan jalan hotmix rencananya akan dilakukan di ruas jalan yang melalui kawasan Desa Purwogondo dan Jalan Fauzan.

“Ada juga telah kami rencanakan peningkatan jalan dengan pelebaran. Rencana pelebaran masih dalam proses survei,” ucapnya.

Kendati kerusakan jalan terus bertambah, pihaknya belum dapat melakukan perbaikan jalan. Hal ini karena musim penghujan masih akan berlangsung beberapa bulan ke depan.

“Untuk menanggulangi kerusakan jalan, cara darurat yang kami lakukan dengan menutup lubang-lubang jalan dengan biscos,” kata Hartaya.

Untuk perbaikan jalan rusak, Dinas Bima Marga telah melakukan proses pelelangan kepada para pemborong. Sebagai langkah awal perlu proses persiapan, sehingga saat musim kemarau perbaikan jalan dapat dilakukan.

“Kami baru mulai melakukan penghitungan seluruh jalan yang rusak, untuk menghitung anggaran yang akan dikeluarkan,” pungkas Hartaya. (BJ18)