Home Lintas Jateng Murid SD Cuci Bendera Merah Putih Masal 

Murid SD Cuci Bendera Merah Putih Masal 

cuci bendera

SOLO, 7/8 (BeritaJateng.net) – Beragam cara dilakukan untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, 17 Agustus 2015 besuk. Dimana puluhan  para siswa Sekolah Dasar (SD) Nayu Gambirsari, Solo, Jawa Tengah melakukan kegiatan masal untuk mencuci bendara merah putih. 

Dengan penuh semangat mereka melakukan aktifitas mencuci di depan halaman sekolah SD Nayu Gambirsari, Solo. Dengan menggunakan ember, sabun mereka terlihat serius mencuci bendera berbagai ukuran yang sudah disiapkan oleh guru sekolah.

Para siswa dengan riang mencuci bendera dengan menguceknya hingga buih sabunnya berterbangan dan menjadi mainan tersendiri bagi murid-murid SD tersebut. 

Bagus, menjelaskan ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Bermain dan juga belajar mencuci agar benderanya bersih berkilau. 

“Ini belajar mencuci bendera. Biar saat pengibaran bendera pas tanggal 17 kelihatan bersih,” ungkap Bagas, Jumat (7/8/2015).

Setelah semua bendera dicuci dengan bersih, mereka terlihat menjemurnya di tali jemuran yang sudah disiapkan. 

Sementara itu pemilik ide mencuci bendera merah putih, Mayor Haristanti mengatakan acara ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme kapada anak-anak sedari kecil agar mereka bisa mengerti perjuangan pendahulunya dalam mempertahankan merah putih bukanlah suatu hal yang mudah. 

“Karena itu bendera adalah salah satu lambang negara yang memang harus dijaga dan dirawat. Dan kita juga mengajarkan siswa untuk belajar mencuci sendiri,” pungkasnya. (BJ24)