Home Headline Mulai Hari Ini PDI Perjuangan Buka Pendaftaran Calon Gubernur

Mulai Hari Ini PDI Perjuangan Buka Pendaftaran Calon Gubernur

694

SEMARANG, 24/7 (Beritajateng.net) – PDI Perjuangan mulai hari ini membuka pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018 – 2023, pendaftaran berlangsung sampai tanggal 11 Agustus 2017. Pendaftaran calon terbuka untuk umum baik kader maupun non kader.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto mengungkapkan, siapapun boleh mengambil formulir pendaftaran, namun kalau tidak bisa datang sendiri dan mewakilkan orang lain harus dibekali dengan surat kuasa bermeterai Rp. 6.000,- tapi untuk pengembalian harus dilakukan sendiri.

“Pengambilan formulir dilayani dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore di Sekretariat DPD, Panti Marhen Semarang hari Senin sampai Sabtu dan hari Minggu kami tutup,” ungkapnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan yang akrab disapa Bambang Pacul ini menjelaskan, siapapun yang ingin mengambil formulir diminta untuk berkomunikasi terlebih dahulu dengan panitia agar bisa dilakukan penyambutan terhadap bakal calon yang mendaftar.

“Calon boleh membawa massa pendukung dan boleh juga membawa hiburan seperti kesenian misalnya. Yang penting tidak datang sendirian kayak orang hilang,” katanya.

Panitia pendaftaran cagub tahun ini diketuai oleh Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Agustina Wilujeng dan sekretaris Bambang Haryanto (Anggota DPRD Jawa Tengah).

Bambang Pacul menambahkan, selain DPD PDI Perjuangan Jateng, pendaftaran Cagub juga dilayani di Sekretariat DPP, Namun demikian dia minta agar calon yang akan mendaftar sebaiknya mendaftar melalui DPD. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan jalinan emosional antara calon dengan parpol.

“Saran saya untuk calon gubernur ya daftar lewat DPD, biar tercipta jalinan emosional dengan DPD,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Bambang mengingatkan, agar calon yang membawa massa pendukung agar tidak membawa dukungan dengan melibatkan institusi PDI Perjuangan. Hal ini disebabkan karena institusi PDI Perjuangan hanya bergerak setelah ada instruksi resmi dari DPP.

“Ini juga untuk menghindarkan dinamika yang tidak sehat, misalnya Kudus mendukung Musthofa, Solo mendukung Rudi. Kalau rekomendasi kemudian keluar atas nama Bagong kan bisa marah terus abis itu “setengah kopling” kan gak bagus,” beber Pacul.

Pendaftaran Cagub dan Cawagub melalui PDI Perjuangan, tegas Pacul, tidak dipungut beaya alias gratis. Oleh karena itu dia menegaskan, kalau ada oknum yang mengatasnamakan DPD dan melakukan pungutan, pihaknya akan memberi sangsi tegas kepada oknum tersebut.

(NK)