Home Nasional Muhammadiyah Pastikan Lebaran Hari Jum’at 17 Juli

Muhammadiyah Pastikan Lebaran Hari Jum’at 17 Juli

Hisab Lebaran

Semarang, 16/7 (BeritaJateng.net) – Berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, hasil hisab awal bulan Syawal jatuh pada hari Jum’at pahing 17 Juli 2015.

Yang berarti pada tanggal tersebut Muhammadiyah sudah merayakan hari Raya Idul Fitri  1436 H, dan sudah bisa melaksanakan shalat id.

Danusiri selaku wakil ketua pimpinan daerah Muhammadiyah  bagian fatwa  Semarang mengungkapkan sejak semula Muhammadiyah yang berdasarkan surat keputusan Maklumat dari Pimpinan Pusat nomor 1 tahun 2015, menetapkan bahwa 1 Syawal  1436 H, jatuh pada hari jum’at pahing tanggal 17 juli 2015.

“Ketinggian bulan sudah pada +3 derajat 22 detik, yang artinya Wujudul Hilal sudah terlihat dan berati kita sudah boleh berlebaran,” ungkapnya.

Perhitungan Muhammadiyah dalam menentukan awal bulan Ramadhan, Syawal  berdasarkan Hisab kakiki dikarenakan Perjalanan Bumi, Bulan, Matahari yang berjalan konstan, tidak ngebut, tidak pernah berhenti, Jadi hitungan itu akan tepat dalam menentukan umur bulan.

“Berapapun tinggi derajatnya, kalau bulan sudah  terlambat terbenam dari pada Matahari, berarti itu sudah bisa disebut Wujudul Hilal, yang artinya tanggal sudah berwujud. Maka ya kita harus berlebaran karena tanggal 1 Syawal sudah terjadi,” jelas.

Untuk dari Pemerintah sendiri, kemungkinan masih menunggu sidang Isbat dari Mentri Agama. (MG-3)