Home Lintas Jateng Motor Parkir Sembarangan,  Denda Rp100 Ribu

Motor Parkir Sembarangan,  Denda Rp100 Ribu

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Solo, 12/2 (BeritaJateng.net) – Pemkot Solo resmi  menerapkan larangan parkir di kawasan city walk Solo baik motor dan juga mobil yang lebih dahulu dib berlakukan.

Sedangkan  bagi sepeda baru saja diberlakukan. Sepeda motor yang  melanggar larangan parkir terancam denda Rp 100 ribu. Sebulan sebelumnya proses sosialisasi terkait pelanggaran parkir mulai disosialisasikan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perparkiran, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), M Usman, menjelaskan penerapan sanksi pelanggaran parkir tersebut mulai berlakukan mulai Senin (16/2/2015). 

“Sosialisasi penerapan sanksi pelanggaran parkir dengan  pemasangan spanduk di 10 titik kawasan ‘city walk’ Jalan Slamet Riyadi serta ribuan leaflet,” jelasnya kepada wartawan, di Balaikota Solo, Kamis (12/2/2015).

Biasanya jelas Usman, pelanggaran terbanyak di area city walk kota Solo. Karena masyarakat sering parkir untuk sekedar beristirahat atau makan di sepanjang city walk yang di penuhi pedagang kaki lima. 

Selama proses sosialisasi sejak sebulan lalu, warga mendapat pengarahan rencana penerapan sanksi tegas bagi pelanggaran parkir dengan melakukan  penggembokan roda sepeda motor yang melanggar parkir.

“Saat ini sudah tersedia 100 unit gembok untuk sepeda motor dan 40 gembok untuk mobil. Pekan depan akan melakukan razia di beberapa titik,” terangnya. 

Razia parkir akan dilakukan Dishubkominfo bersama aparat  Kepolisian, Kejaksaan Negeri (Kejari), Pengadilan Negeri (PN), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol), dan Tentara Nasional Indonesia (TNI). (BJ24)