Home Headline Modus Penipuan Baru Lewat ATM, Uang Rp. 83 Juta Raib

Modus Penipuan Baru Lewat ATM, Uang Rp. 83 Juta Raib

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi


Semarang, 21/5 (BeritaJateng.net) – Berhati-hatilah jika kartu ATM Anda tertelan di dalam mesin, karena bisa jadi hal itu disengaja seseorang yang hendak memanfaatkan kesempatan dengan menolong namun justru mengambil isi ATM. Hal itu seperti yang dialami Rambat Pramono (62), warga Ringin Telu RT 01 RW 01, Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, isi ATM sebesar Rp. 83.630.000 raib.

Kejadian bermula saat korban hendak mengambil uang di ATM yang berada di SPBU Manyaran. Sesampainya di lokasi, korban langsung memasukkan kartu ATM ke dalam mesin.

“Saya masukkan kartu ATM ke mesin. Anehnya tidak dapat melakukan transaksi,” katanya saat melapor ke SPKT Polrestabes Semarang, Kamis (21/5).

Tahu kalau transaksi tidak berhasil, ia terus mencoba melakukan transaksi. Tapi tetap tidak bisa sampai lama di dalam bilik ATM, tiba-tiba korban didatangi oleh seseorang tak dikenal untuk diarahkan menghubungi telepon yang tertempel.

“Saya bingung, saking bingungnya ada seseorang yang tidak dikenal. Katanya suruh menelepon nomor yang tertempel di mesin,” imbuhnya.

Karena bingung, korban mengikuti saran seseorang tak dikenal itu. Kemudian ia menelepon nomor tersebut.

“Anehnya saya telepon, disitu saya dipandu untuk memasukkan beberapa nomor PIN, dan suruh mengikuti perintahnya,” paparnya.

Usai mengikuti panduan, tanpa sadar seperti terhipnotis korban meninggalkan mesin ATM. Saat itu kartu ATM milik korban masih tertinggal di dalam mesin.

Begitu sampai di rumah, korban menelepon call center BII. Tapi korban dikejutkan oleh pemberitahuan dari operator. “Kaget mas uang saya berkurang,” pungkasnya.

Sadar menjadi korban penipuan ia akhirnya melaporkan kasus tersebut ke Polrestabes Semarang. (BJ04)