Home Headline Meski Perolehan Suara Turun Drastis, Kader PAN diminta Tidak Berkecil Hati

Meski Perolehan Suara Turun Drastis, Kader PAN diminta Tidak Berkecil Hati

619

SEMARANG, 23/8 (Beritajateng.net) – Perolehan suara Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Tengah pada Pemilu Legislatif 2019 menurun drastis dibanding tahun 2014 yang lalu. Namun demikian hasil tersebut bukan akhir dari segalanya. Oleh karena itu kader partai berlambang Matahari ini diminta tidak patah semangat dan berkecil hati.

Himbauan tersebut disampaikan oleh tokoh partai sekaligus pendiri PAN Jateng H Munawar Sholeh dalam acara Sarasehan 21 Tahun PAN yang diselenggarakan Jumat (23/8) siang tadi di Hotel MG Setos Semarang.

“Kita sedang diterpa badai besar, inilah ujiannya. Tapi kita tidak boleh berkecil hati,” ungkapnya.

Pria yang juga Mantan Ketua DPW PAN Jateng dan mantan Anggota DPR RI ini melihat, partai besutan tokoh reformasi Amin Rais ini masih kuat meski tidak ada satupun kadernya yang berhasil duduk sebagai Anggota DPR RI hasil Pemilu 2019.

“Masih ada 81 orang Anggota DPRD kabupaten kota dan 6 DPRD Provinsi. Itu artinya kita masih kuat tinggal lakukan perbaikan agar kembali menjadi partai yang besar,” katanya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Munawar minta kepada pengurus PAN Jateng agar melakukan beberapa langkah strategis. Salah satunya adalah dengan melakukan pendekatan kepada tokoh tokoh senior partai dan tokoh tokoh Muhammadiyah yang selama ini menjadi kekuatan utama partai.

“Dekati kader kader senior partai terutama yang memiliki basis massa kebawah dan jangan lupakan Muhammadiyah yang menjadi kekuatan utama PAN,” tegasnya.

Ketua DPW PAN Jateng Wahyu Kristianto mengakui performa PAN jateng di Pemilu 2019 jeblok dan pihaknya akan melakukan evaluasi secara menyeluruh.

“Itu menjadi bagian evaluasi yang kami lakukan pada pertemuan hari ini,” bebernya.

Memurut Wakris, demikian pria ini biasa dipanggil, terpuruknya perolehan suara PAN disebabkan dua faktor yakni internal dan eksternal. Namun demikian dia enggan me gungkapkan secara detil faktor faktor tersebut.

“Ini yang akan kami evaluasi pada pertemuan hari ini. Yang pasti evaluasi ini akan menjadi landasan bagi perbaikan pada masa masa yang akan datang,” pungkasnya.

(NK)