Home Nasional Menteri PUPR Tinjau Rob Kaligawe Jelang Mudik Lebaran 

Menteri PUPR Tinjau Rob Kaligawe Jelang Mudik Lebaran 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi rob di Kaligawe Semarang menjelang arus mudik lebaran.

Semarang, 29/6 (BeritaJateng.net) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono tinjau darurat Rob kota Semarang menjelang arus mudik lebaran.

Tinjauan langsung dilakukan oleh Basuki Hadimuljono dititik-titik pompa darurat yang berada di jalan Raya Kaligawe Semarang.

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan bahwa pemerintah pusat dengan menggunakan sistem darurat sementara ini membantu penanganan rob di kota Semarang menjelang arus mudik lebaran.

“Sekarang dengan sistem ini untuk menanggulangi masalah rob di kota Semarang yaitu kaligawe, saat ini memang belum kita kerjakan secara permanen, tetapi karena rob nya memang terlalu tinggi kita kerjakan secara darurat terlebih dahulu,” ungkapnya saat meninjau rob di Kaligawe Semarang.

Lanjutnya, penanganan darurat ini terutama untuk menghindari kemacetan arus mudik nanti. Dengan adanya desain semula banyak masyarakat yang menolak, sehingga kita lakukan refisi desainnya untuk melakukan penanggulangan rob ini.

“Penanggulangan rob kali ini, kita datangkan pompa-pompa besar yang biasa mengatasi bencana banjir. Dan sanggup memindahkan air 250 liter/ detik, saya kira ini masih kurang, jadi akan kita datangkan lagi satu pompa untuk mempercepat penanganan darurat ini,” tuturnya.

Menurutnya, penenganan pompa untuk menurunkan rob di Semarang dibutuhkan kurang lebih sekitar 17 pompa. Sebelumnya ada penambahan pompa kecil-kecil dari pemerintah kota sekitar 14 pompa.

“Dengan begitu saya akan optimalkan dengan alat yang ada ini, namun jika dirasa masih kurang maka kami akan datangkan kembali untuk menangani rob yang mendekati arus lebaran ini,” pungkasnya.

Lanjutnya, pihaknya telah melihat rob yang ada dibawah jalan tol, menurutnya berkurangnya air rob disebabkannya berfungsinya pompa yang menyedot. Dan diperkirakan titik rob akan mulai naik kembali saat lebaran nanti menurut BMKG maka kita harus bersiap-siap untuk menangani ini.

“Dengan adanya bantuan ini, semoga dapat mengatasi rob dan jalur arus mudik di Kota Semarang ini,” harapnya.(BJ06)