Home Nasional Menpan : Program Pemerintah Harus Didasarkan Kebutuhan Rakyat

Menpan : Program Pemerintah Harus Didasarkan Kebutuhan Rakyat

Yuddy-Chrisnandi-hanura

Jakarta, 26/11 (Beritajateng.net) – Prioritas program dan kegiatan strategis pemerintah harus ditetapkan berdasarkan apa yang dibutuhkan masyarakat, kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi.

“Dari situ ditetapkan sasaran strategis instansi masing-masing, dengan ukuran kinerja yang jelas,” katanya di Jakarta, Rabu.

Menurut Yuddy, dengan penerapan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) akan mampu memfokuskan kerja-kerja pada arah yang sama serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran negara.

“Setiap awal tahun, kami menandatangani perjanjian kinerja, perjanjian antara atasan dan bawahan untuk mewujudkan kinerja sesuai dengan sumber daya yang dikelola,” ujarnya.

Dia menuturkan instansi pemerintah harus memikirkan manfaat apa yang dapat diberikan kepada masyarakat dengan anggaran yang tersedia.

“Jadi tidak hanya menghabiskan anggaran semata. Jangan sampai anggaran habis tapi rakyat tidak merasakan apa-apa,” katanya lagi.

Dia menjelaskan ukuran prestasi kerja instansi penyelenggara negara tidak lagi dilihat dari besarnya penyerapan anggaran, akan tetapi dari kemampuan mereka melakukan penghematan atau efisiensi anggaran tanpa mengurangi produktivitas target kerja yang ditentukan.

“Tagline kerja, kerja, kerja yang diusung pemerintah adalah kerja keras dan terarah menuju pada pencapaian peningkatan kesejahteraan, kemakmuran, bagi seluruh rakyat Indonesia sehingga masyarakat benar-benar merasakan kehadiran negara,” tambahnya.(ant/pj)