Home Headline Menko Puan Maharani Beri Kuliah Umum di UNS Surakarta

Menko Puan Maharani Beri Kuliah Umum di UNS Surakarta

873

SURAKARTA, 14/8 (Beritajateng.net) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Senin (14/8) pagi memberikan kuliah umum di hadapan 8.937 mahasiswa baru Universitas Negeri 11 Maret (UNS) Surakarta.

Ribuan mahasiswa baru tersebut terlihat sangat antusias mendengarkan kuliah umum Putri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri meski dilaksanakan di bawah panas terik matahari. Pada kesempatan itu Menko Puan menekankan pentingnya tentang Penguatan Nasionalisme khususnya penghormatan kepada lambang lambang negara.

“Salah satu contoh penghormatan yang harus kita lakukan adalah saat menyanyikan lagu Indonesia Raya harus dengan khikmat dan bersikap hormat,” ungkapnya.

Didampingi Rektor dan jajaran civitas akademika UNS, Menko Puan menegaskan, sebagai anak bangsa, mahasiswa harus bisa memahami dan memberi penghargaan atas jerih payah para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Kebanggaan menjadi bagian dari bangsa Indonesia harus tertanam dalam jiwa setiap anak bangsa.

“Kalau bukan kita yang menjaga kehormatan negara kita, siapa lagi?,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Menko Puan menambahkan, negara lain tidak akan pernah menghormati negara kita kalau kita sendiri tidak bisa menghormati negara kita sendiri.

“Kebanggaan seperti inilah yang harus selalu terpatri dalam diri kita,” bebernya.

Di bagian akhir kuliah umum, Menko Puan mengajak mahasiswa asal Tegal, Papua dan Kalimantan Barat untuk ditanya mengapa kuliah di UNS. Atas jawaban ketiga mahasiswa tersebut akhirnya Puan memberikan hadiah masing masing sebuah laptop.

Selesai memberikan kuliah umum Menko Puan menyempatkan diri melakukan swafoto atau selfie dengan ratusan mahasiswa. Tampak keakraban antara Puan dan mahasiswa, sehingga mahasiswa tidak canggung berselfie dan berkomunikasi dengan cucu Proklamator yang juga presiden pertama RI Ir Soekarno tersebut.

(NK)

1 COMMENT

  1. “Salah satu contoh penghormatan yang harus kita lakukan adalah saat menyanyikan lagu Indonesia Raya harus dengan khikmat dan bersikap hormat,” ungkapnya. nasionalisme banget ibu puan ini, suka sekali saya sama beliau.

Comments are closed.