Home Nasional Menkes Sidak Posko Kesahatan Jalur Mudik

Menkes Sidak Posko Kesahatan Jalur Mudik

SOLO, 23/6 (BeritaJateng.net) – Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek mengatakan selama arus mudik dan balik lebaran, ribuan posko kesehatan bagi pemudik dan call center 119 telah tersedia di 27 kabupaten termasuk di kota Solo.

Layanan emergency medis ini ditujukan bagi para pemudik yang membutuhkan bantuan penanganan medis secara cepat, kapan saja terutama bila terjadi kecelakaan. Tinggal melakukan panggilan ke nomor 119. Setelah itu petugas terdekat akan segera menuju lokasi memberi pertolongan pertama.

“Ada duapuluh tujuh lokasi (Kabupaten) seperti Salatiga, Boyolali, Cirebon, dan Jogjakarta juga kota lainnya,” jelasnya saat berkunjung di Puskemas Gajahan Solo Jawa Tengah, Rabu (22/6/2106).

Sepanjang Pantura, Jogjakarta hingga Semarang pos kesehatan telah siap melayani pemudik selama perjalanan arus mudik dan balik. Dengan sistem call center maka kejadian atau gangguan pemudik lebih bisa teratasi cepat seperti kecelakaan.

“Ada sekitar 3100 pos kesehatan yang dilengkapi peralatan dan petugas akan ditempatkan di titik rawan kelelahan bagi para pemudik,” ungkap Menkes Nila.

Nila meminta agar fasilitas kesehatan di Terminal maupun Stasiun Kereta bisa memberikan pelayanan terbaik pada penumpang yang mengalami sakit. Bagi para pengemudi angkuta umum kondisi fisik harus sehat saat membawa penumpang pada mudik lebaran.

“Pasalnya salah satu pemicu kecelakaan kebayakan terjadi lantaran pengemudi dalam kondisi letih,” jelasnya.

Menkes Nila juga berpesan kepada pemudik yang menggunakan motor agar lebih berhati-hati saat berkendara dan utamakan keselamatan diri agar selamat sampai tujuan. (Bj24)