Home Nasional Menhub : Pembangunan Infrastruktur Jambi Rp270 Miliar

Menhub : Pembangunan Infrastruktur Jambi Rp270 Miliar

Menhub

Jambi, 14/3 (BeritaJateng.net) – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ignasius Jonan menyatakan kesiapan membantu pengembangan infrastruktur perhubungan di Provinsi Jambi dengan menggelontorkan dana lebih dari Rp270 miliar.

“Provinsi Jambi memperoleh dana total Rp270.665.462 miliar dalam rencana investasi APBN 2015 yang meliputi sektor transportasi darat, laut, dan udara,” katganya di Jambi, Jumat (13/3).

Dana tersebut berasal dari pagu DIPA 2015 sebesar Rp147.844.858, investasi APBN 2015 sebesar Rp126.805.462, dan investasi APBN-P 2015 sebesar Rp143.850.000.

Untuk subsektor investasi APBN yang diperuntukkan bagi transportasi darat adalah pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan sebesar Rp9.495.584.000.

Peningkatan kinerja jalan nasional di wilayah perkotaan di Kota Jambi sebesar Rp750.000.000, terminal tipe A Sarolangun Tahap IV sebesar Rp8 miliar, dan subsidi operasi bus perintis sebesar Rp2.200.700.000.

Dana subsektor perhubungan udara untuk pengembangan Bandara Depati Parbo, Kerincim dan Bandara Muaro Bungo. Peruntukannya antara lain rehab gedung, landasan pacu, drainase, dan sarana lainnya.

Di sektor perhubungan laut dititikberatkan kepada pembangunan fasilitas pelabuhan laut Nipah Panjang, fasilitas pelabuhan laut Ujung Jabung, dan fasilitas pelabuhan Kuala Mendahara dengan total Rp113 miliar dari APBN-P 2015.

Usai pertemuan di auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Menhub Jonan didampingi gubernur setempat melanjutkan kunjungan kerja ke Pelabuhan Talang Duku, Jambi.

Sesampai di pelabuhan, Menhub Jonan dengan berjalan kaki meninjau tempat bongkar muat barang. Ia juga mendengar langsung penjelasan dari pihak otoritas mengenai kondisi nyata di lapangan, di mana pelabuhan tersebut untuk mengangkut batu bara, sawit, dan sembako, serta kebutuhan pupuk.

Jonan mengatakan berdasarkan penjelasan yang dia dapat dari pihak Pelindo, yang dibutuhkan saat ini adalah akses jalan dari interland menuju pelabuhan, pembangunan kereta api Trans Sumatera, dan pelabuhan tersebut harus dilewati “Dua hal ini diharapkan dapat berjalan baik, sedangkan untuk pengerukan dan menjaga jalur laut kami serahkan kepada Pelindo. Pembangunan jalan menuju ke tempat ini tidaklah sulit dan mudah-mudahan dapat dilaksanakan,” kata Jonan.

Menanggapi janji Jonan, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan terima kasih karena ada perhatian khusus kepada Menhub kepada Provinsi Jambi.

“Ini sangat diharapkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi terutama dana untuk pengembangan Ujung Jabung. Sampai saat ini kita telah mendapat dana dari APBN untuk Ujung Jabung sebesar Rp105 miliar,” katanya.

Ia menyatakan akan berupaya mengikuti gaya kerja cepat yang selama ini ditunjukkan oleh para menteri di bawah kepimpinan Presiden Joko Widodo.

Secara khusus, ia juga akan mendorong pengembangan peluasan Bandara Sultan Thaha yang juga ditinjau langsung oleh Menhub Jonan. (ant/BJ)