Home Nasional Menhub Buka Seminar Internasional ICMET

Menhub Buka Seminar Internasional ICMET

Menhub buka Seminar Internasional ICMET

Semarang, 17/11 (BeritaJateng.net) – Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi membuka seminar 1st International Conference on Maritime Education and Training (ICMET) 2016 yang diselenggarakan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Kamis (17/11) di Ballroom Patrajasa Semarang.

International Conference on Maritime Education and Training (ICMET) 2016 mengundang berbagai pakar kemaritiman dari berbagai negara.

Pakar yang menjadi “keynote speech”, antara lain Prof Takeshi Nakazawa dari International Asociation of Maritime Universities Japan, Prof Erika Techera (The University of Western, Australia), dan Prof Erry Yulian T. Adesta (International Islamic University, Malaysia).

Sebanyak 300 peserta dari berbagai kalangan seperti pelaut yang ingin menambah sertifikat Internasional, mahasiswa serta dosen dari perguruan tinggi di Indonesia yang melaksanakan pendidikan dan pelatihan kemaritiman mengikuti seminar ICMET ini.

Penyerahan cinderamata Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang kepada Menhub RI
Penyerahan cinderamata Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang kepada Menhub RI

Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi usai membuka seminar mengatakan, sebagai negara maritim dengan luas wilayah lautnya dua per tiga dari luas wilayah Indonesia sudah sepatutnya untuk berkonsentrasi dibidang kelautan. “Maritim menjadi konsen pemerintah, dengan pendidikan kelautan diharapkan menjadi salah satu solusi untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dibidang kemaritiman,” ujar mantan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk ini.

Menurutnya, peluang bekerja dibidang kelautan sangat terbuka lebar khususnya didunia Internasional. Di Indonesia lapangan kerja kemaritiman masih sangat sedikit. Berdasarkan riset yang dilakukan, lanjutnya, di Indonesia hanya bisa menyerap tenaga kerja di kemaritiman sejumlah 100ribu pelaut, padahal di Filiphina setidaknya bisa mempekerjakan hingga 500ribu pelaut. “Ini dikarenakan kurangnya Sumber Daya Manusia yang sesuai standart Internasional,” katanya.

Dengan Seminar International Conference on Maritime Education and Training (ICMET) bisa mengedukasi dan mengurai tantangan kemaritiman yang terjadi di Indonesia. (Bj)