Home Hukum dan Kriminal Mendesak, LP Bulu Butuh Tambahan Personil

Mendesak, LP Bulu Butuh Tambahan Personil

Semarang, 25/4 (BeritaJateng.net) – Lapas Benceuy Bandung menjadi pelajaran bagi lapas Indoenesia, dalam peningkatan personil dan kapasitas Lapas agar keamanan lapas terjaga.

Terutama di kota Semarang diantaranya lapas Wanita IIA Bulu, kemarin Jumat, (22/4/2016 ) Personil Penjaga Berkurang karena Purna Tugas.

Personil tersebut adalah Endang Sugiarti bagian Penjagaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Klas IIA Bulu Semarang bisa merasakan pensiun dari masa tugasnya.

Pengabdianya yang cukup lama tersebut menjadikan Endang salah satu pegawai yang paling senior dengan mengabdi selama 35 tahun, tak hanya itu kepergianya juga membuat pegawai lapas wanita kekurangan personil.

Kepala Lapas Wanita Klas IIA Bulu Semarang, Suprobowati mengaku selama 1 tahun terakhir sudah 5 pegawainya memasuki purna tugas termasuk diantaranya Endang. Ia menyayangkan dari 5 pegawai tersebut hingga kini belum ada peggantinya.

”Kita belum ada penganti. Selama satu tahun ini sudah 5 pensiun. Kita sudah coba ajukan permohonan 1 saja dapat pegganti tapi belum disetujui pimpinan. Disini (lapas wanita,red) tinggal 63 pegawai lagi,” kata Suprobowati usai acara pelepasan purna tugas pegawainya.

Menurut Suprobowati, jumlah 63 pegawai tersebut tidak seimbang dengan jumlah tahanan maupun terpidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) dilapas pimpinanya, karena hingga saat ini mengalami kelebihan kapasitas mencapai 371 WBP.

”Lapas kami memang termasuk overload, namun kami tetap bekerja maksimal karena di lapas kami (lapas wanita Semarang,red) satu-satunya lapas wanita yang bebas handphone, bebas peredaran uang dan steril dari narkoba,” akunya.

Bahkan Suprobowati mengaku, lapas yang ia pimpin sudah sering diadakan tes urine baik untuk pegawainya maupun WBP-nya. Namun semua hasilnya selalu nihil dan negatif narkoba. (MG2)