Home News Update Membatik Jadi Pelajaran Muatan Lokal di SD Kartini

Membatik Jadi Pelajaran Muatan Lokal di SD Kartini

Salah satu kegiatan di SD Kartini

Salah satu kegiatan di SD Kartini

Semarang, 1/2 (beritajateng.net) – Bila selama ini membatik menjadi pekerjaan yang di lakoni orang dewasa, berbeda dengan siswa-siswi SD Sarirejo yang dalam kurikulumnya mulai diterapkan pelajaran muatan lokal membatik.

“Menggunakan teknik ciprat, semua orang dapat membuat batik ini, termasuk anak-anak sekalipun. Teknik batik ciprat ini diadopsi dari teknik membatik yang sudah dilakukan di SLB negeri Semarang, karena membuatnya cukup mudah, maka para siswa pun diajarkan untuk membuat batik dengan teknik ciprat,” papar Kepala Sekolah SD Sarirejo, Anna Fitriyah.

Meski begitu, lanjutnya, para siswa juga diperkenalkan membatik menggunakan canting.

“Hampir sama dengan batik pada umumnya, batik ciprat juga menggunakan malam, namun bedanya malam yang dicairkan dicipratkan diatas kain putih yang sudah dibentangkan, kemudian para siswa mewarnai kain tersebut dengan pewarna tekstil,” ujarnya.

Menurutnya, pelajaran membatik di SD Sarirejo Kartini atau yang dikenal dengan nama SD Kartini ini mulai diperkenalkan kepada siswa sejak empat bulan yang lalu, meski begitu siswa SD yang mengikuti tidak kesulitan dalam membuat corak batik di atas kain putih sepanjang 2 meter kali 1 meter ini.

“Membatik masuk dalam salah satu pelajaran muatan lokal untuk siswa kelas empat, lima, dan enam yang dilakukan seminggu sekali,” katanya.

Dari batik yang dihasilkan, sampai saat ini sudah terjual sekitar 350 potong kain batik ciprat. Anna mengaku, pelajaran membatik ini sengaja dihidupkan kembali karena pada awal SD kartini masih menjadi sekolah perempuan, membatik menjadi salah satu kurikulum, sehingga kurikulum membatik mulai dihidupkan kembali.

Hasil kain batik buatan para siswa pun ditampilkan pada peringatan satu abad gedung SD Kartini. Pada peringatan tersebut sejumlah siswa menampilkan baju kreasi dari batik ciprat sekaligus menunjukkan tata cara pembuatan batik ciprat Kartini Spektakuler mulai dari mencipratkan malam pada kain putih, membuat pola dan menguncinya dengan warna, nglorot, mencuci dan menjemurnya. (BJ05)

Advertisements