Home News Update Melihat Mahasiswa Belajar Memproduksi Acara Radio

Melihat Mahasiswa Belajar Memproduksi Acara Radio

IMG-20150613-WA0005

Semarang, 13/6 (BeritaJateng.net) – Untuk meningkatkan kemampuan dibidang Jurnalistik, khususnya jurnalistik radio, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) dituntut mampu dalam memproduksi acara radio.

Kegiatan ini dilaksanakan di laboratorium Radio pagi pukul 09.00 WIB, tepatnya di lantai 2 gedung M Universitas Semarang, jalan Soekarno Hatta Semarang.

Menurut Airlangga Pradipta, salah satu mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini mengatakan selain untuk lebih memahami bagaimana memproduksi sebuah acara radio, kegiatan ini merupakan bagian dari uji kompetensi salah satu mata kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi.

“Bagus mas, kami tidak hanya belajar secara teori namun juga dapat mengetahui praktiknya” ujarnya

Sedangkan menurut Achmad Akbar Ridwan, mahasiswa semester VI ini mengatakan dalam satu kelas dibagi beberapa bagian kelompok. Dimana masing-masing kelompok mendapat kesempatan yang sama untuk belajar memproduksinya.

“Kami gantian memanfaatkan fasilitas laboratorium ini untuk belajar membuatnya,dan kebetulan kelompok kami mempergunakannya sekarang ini” jelasnya.

Lanjut Achmad, menurutnya mahasiswa tidak langsung praktik memproduksi acara radio. Sebelumnya para mahasiswa diarahkan untuk membuat rundown dan scriptnya.

“Jadi seolah-olah kami ini mendirikan stasiun radio. Mulai namanya, jenis radionya apakah jenis hiburan atau berita, kemudian segmentasinya hingga jingle dan pemilihan lagunya,” tambahnya. (Mg-2)