Home News Update Mekanisme Pilrek Diserahkan ke Undip

Mekanisme Pilrek Diserahkan ke Undip

Ilustrasi

Semarang, 30/12 (Beritajateng.net) – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir menegaskan mekanisme penyelenggaraan pemilihan rektor Universitas Diponegoro telah diserahkan pada universitas yang bersangkutan.

“Pilrek Undip sudah saya serahkan ke universitas, mekanismenya. Nanti, semua (mekanisme pilrek) biar dijalankan rektor sekarang (Prof Sudharto P. Hadi),” katanya di Semarang, Selasa malam.

Hal tersebut diungkapkan mantan rektor terpilih Undip periode 2014-2018 itu, di sela Diskusi Refleksi Akhir Tahun bertema “Hilirisasi Penelitian Perguruan Tinggi” yang diprakarsai Undip.

Nasir menjelaskan Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi yang masa jabatannya sudah habis periode ini juga sudah diperpanjang sampai ada rektor terpilih untuk periode mendatang.

“Ya, (masa jabatan Prof Sudharto sebagai Rektor Undip, red.) sudah saya perpanjang sampai ada rektor terpilih. Jadi, (pilrek Undip, red.) ini urusan universitas,” ujarnya.

Rektor terpilih Undip M Nasir telah diangkat sebagai Menristek-Dikti dalam Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Nasir, yang kala itu sebagai Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip terpilih sebagai Rektor Undip periode 2014-2018, mengalahkan dua guru besar Undip yang juga maju sebagai calon rektor.

Sedianya, Nasir menggantikan Sudharto sebagai rektor, namun sebelum dilantik, Nasir sudah ditunjuk dan dilantik sebagai menteri oleh Presiden Jokowi untuk memperkuat Kabinet Kerja.

Akhirnya, masa jabatan Sudharto sebagai Rektor Undip diperpanjang oleh Menristek-Dikti Nasir sampai terpilih rektor baru dalam pemilihan kembali rektor yang sedang dipersiapkan Undip.

Sampai saat ini Undip melalui senat juga masih menyusun jadwal penyelenggaraan pemilihan kembali rektor.

“Waktunya (pilrek, red.) belum ditentukan. Hingga sekarang ini, senat masih menyusun jadwal terkait dengan pelaksanaan pilrek,” kata Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi.(ant/Bj02)