Home Headline Median dan Bahu Jalan Protokol Kota Semarang Dipercantik

Median dan Bahu Jalan Protokol Kota Semarang Dipercantik

Pohon pulai atau Alstonia Scholaris dan tanaman hias bougenville, dan lidah mertua ditanam di sepanjang Jalan Jenderal Soedirman depan Pasar Karangayu. 

SEMARANG, 22/5 (BeritaJateng.net) – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang tengah mempercantik dengan penghijauan median dan bahu di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Semarang.

Seperti dengan penanaman pohon peneduh jenis pulai atau Alstonia Scholaris dan Tabebuya serta tanaman hias di Jalan Siliwangi, Jalan Jenderal Soedirman, dan Jalan Pahlawan.

Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, Murni Ediati mengatakan, sejak Maret 2020 hingga saat ini pihaknya telah menanam 10 ribu pohon lebih, di beberapa median dan bahu ruas jalan serta taman kota. Di Jalan Jenderal Soedirman, pasar Karangayu juga ditanam tanaman hias lidah mertua, dan bougenville.

“Jenis tanaman itu dipilih karena banyak mengeluarkan gas O2, dan memiliki bunga. Lidah mertua, selama ini kita coba cukup tahan dan kuat panas, serta ijuknya bisa menampung lebih lama air,” kata Pipie, sapaan akrabnya, Sabtu (22/5).

Selain, di Jalan Jenderal Soedirman, kata dia, penghijauan juga akan dilakukan di ruas Jalan Siliwangi, mulai dari Jrakah Sampai Simpang Hanoman, dan kalibanteng arah kota.

“Batas-batas kota dipercantik. Dinding Flyover Jalan Siliwangi, di Simpang Hanoman akan ditanami tanaman hias, berupa tanaman merambat Lee Kwan Yee dan melati belanda.Dindingnya akan ekspos jadi hijau. Rencananya penghijauan akan dilakukan tahun 2021,” pungkasnya. (Ak/El)