Home Hiburan Mbah Sumar Juri kunci Goa Kreo Pimpin Ritual Tradisi Rewandha

Mbah Sumar Juri kunci Goa Kreo Pimpin Ritual Tradisi Rewandha

IMG_8543

Semarang, 23/7 (Beritajateng.net) – Nguri-uri budaya napak tilas kanjeng Sunan Kalijaga dilakukan warga Dukuh Talun kacang Kelurahan Kandri Kecamatan Gunung Pati Semarang, Kamis (23/7).

Acara di buka oleh juru kunci Goa Kreo Mbah Sumar yang juga sesepuh Desa Talun Kacang. Doa-doa juga terucap oleh mbah Sumar ketika memulai ritual.

Tujuan dari Tradisi Rewandha/Ritualan Goa Kreo itu merupakan suatu peringatan kisah perjalanannya Kanjeng Sunan Kaljaga dalam mencari kayu jati yang akan di gunakan sebagai Soko Guru atau tiang penyangga Masjid Agung Demak, yang dibantu oleh para kera pada waktu itu.

Sebuah kisah pembuatan Goa yang di gunakan sebagai tempat tinggal para kera, yang telah membantu kanjeng Sunan kalijaga dalam mengangkat kayu jati yang akan digunakan sebagai Soko Guru Masjid Agung Demak.

Mbah Sumar selaku juri kunci mengungkapkan, Sesaji Ritual Rewandha sendiri sudah turun temurun dan dilakukan tiga hari setelah Lebaran, tapi ada perubahan dari pihak pemerintah dan ditentukan tujuh hari setelah lebaran.

Menurutnya, jadi seolah-olah disini ada dua periode dalam memperingati Tradisi rewandha, yang pertama 3 hari setelah Lebaran dan 7 hari setelah lebaran dengan tujuan yang sama yaitu minta berkah dan restu kepada yang maha kuasa.

Peserta dalam Ritual Sesaji Rewandha ini sendiri berasal dari Dukuh Talun Kacang Kelurahan Kandri, dan tiap -tiap RT diwajibkan membuat sesaji yang berupa bentuk gunungan hasil dari palawija dan beberapa nasi bungkus yang telah dibentuk gunungan. (MG-3)