Home Headline Masyarakat Jateng Diminta Jaga Kondusifitas Jelang Pilgub

Masyarakat Jateng Diminta Jaga Kondusifitas Jelang Pilgub

SEMARANG, 28/01 (Beritajateng.net) – Memasuki tahun politik, dimana banyak digelar pesta demokrasi berupa pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jateng Juni 2018 serta Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 2019 mendatang masyarakat Jawa Tengah diminta menjaga kondusifitas wilayah, keamanan dan ridak mudah dipecah belah oleh pihak pihak yang tidak bertanggungjawab.

Permintaan tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setyabudi dalam sambutannya di acara Temu Kebangsaan yang digelar di Alun Alun Kota Wonosobo, Minggu (29/01).

“Kita memasuki tahun politik dimana akan dilaksanakan Pilgub Jateng disambung lagi Pilleg dan Pilpres, saya minta masyarakat jaga kondusifitas wilayah, tidak mudah dipecahbelah,” ungkapnya.

Keberagaman yang saat ini ada di Jawa Tengah, lanjut Rukma, harus terus dijaga dan dijadikan kekayaan budaya masyarakat. Perbedaan pilihan diharapkan tidak membuat masyarakat terpecah pecah, namun tetap bersatu dalam keberagaman.

“Satu hal yang kita minta, tetap jaga kebersamaan dalam keberagaman, setuju?,” serunya yang disambut teriakan setuju dari sekitar 10.000 massa.

Menurut Rukma, kondisi masyarakat Jawa Tengah saat ini hidup rukun tanpa gejolak yang berarti. Walaupun perbedaan mewarnai kehidupan masyarakat, namun kesadaran akan arti penting persatuan membuat iklim sejuk di Jateng bisa terjaga.

“Kita jaga iklim sejuk, damai, gotong royong, tepo sliro, saling membantu. Kabeh sedulur,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi C DPRD Jateng Asfirla Harisanto menambahkan, agar masyarakat Jateng tidak mudah diprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab sehingga masyarakat menjadi terpecah belah.

“Kalau kita bersatu kita tidak akan mudah diprovokasi yang ujung ujungnya menjadikan kita terpecah belah apalagi hanya karena perbedaan yang ada pada diri kita,” urainya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan melalui olah raga terbukti mampu menyatukan semua perbedaan yang ada di masyarakat

“Saya bangga dengan Pak Rukma yang telah berkeliling menggelar Temu Kebangsaan dengan basis olahraga. Saya juga bahagia karena acaranya digelar di Wonosobo dengan iklim sejuknya,” kata gubernur sambil tersenyum.

Ia juga mengatakan Kabupaten Wonosobo punya tempat-tempat yang indah dan kuliner khas yakni carica. Dengan potensi itu, semua pihak harus mampu merawat dan memeliharanya.

“Semua yang hadir yakni kepala dinas, anggota dewan, BUMD, dan lainnya, ayo terus gelar kegiatan olahraga agar selalu sehat, selalu rukun,” katanya.

Usai melakukan sambutan dan orasi kebangsaan, Rukma bersama Ganjar mengibarkan bendera start bagi ribuan peserta jalan sehat. Masyarakat tampak antusias mengikuti jalan sehat tersebut.

Acara tambah meriah karena disediakan puluhan doorprize menarik dan masyarakat dihibur oleh hiburan musik dangdut OM Serrata dengan bintang tamu Sussi Ngapak dan duo penyanyi yang sedang naik daun NDX AKA Fimilia

(NK)