Home Ekbis Maskapai Citilink Bakal Beroperasi di Bandara Ngloram Blora Oktober 2021

Maskapai Citilink Bakal Beroperasi di Bandara Ngloram Blora Oktober 2021

BLORA, 22/5 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah targetkan penerbangan ATR 72 bersama maskapai Citilink ada oktober 2021 mendatang.

Hal ini diungkapkan Bupati Blora, H Arief Rohman saat Rapat Koordinasi Pembahasan Kerjasama Penerbangan antara Pemerintah Kabupaten Blora dengan Maskapai Citilink (anak perusahaan Garuda Indonesia), Jumat (21/5) di Ruang Rapat Bupati.

“Kita optimis, semoga maksimal bulan Oktober mendatang kita sudah bisa penerbangan bersama Citilink,” ungkap Mas Arief sapaan akrabnya.

Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan Maskapai Citilink, Kepala Satlak Bandara Ngloram, dan Kepala UPBU Bandara Dewadaru Jepara yang terkoneksi secara virtual.

“Kita akan matangkan, konkret kan kira-kira pola kerjasama yang akan kita bangun dengan Citilink nanti seperti apa, waktunya kapan, berapa panjang jangka kerjasamanya, pola subsidi seperti apa, dan sektor yang dilibatkan serta ada beberapa hal yang perlu dibahas” jelas Bupati

Mas Arief menilai bahwa kedepan penerbangan dari Ngloram tersebut akan banyak diminati, terlebih dapat mempermudah akses dari tamu maupun pegawai perusahaan Migas.

Pihaknya pun berencana untuk berkoordinasi dengan Kabupaten sekitar agar dapat turut serta memanfaatkan akses transportasi penerbangan dari Ngloram.

Ditambahkan Bupati, tentang kesiapannya untuk membantu mempromosikan penerbangan dari dan ke Bandara Ngloram.

“Kalau dari sisi promosi untuk pengisian penumpang, nanti saya siap jadi ‘komandannya’ mendorong dan mempromosikan penerbangan melalui Ngloram” kata Arief

Rapat tersebut membahas terkait teknis rencana kerjasama, mulai dari waktu penerbangan, kesiapan bandara dan penunjangnya, hingga diskusi terkait tarif dan skema dukungan dari Pemkab Blora.

Sementara perwakilan dari Maskapai Citilink, Rahmakika Rahardiasari S.Psi, selaku senior manajer, pada kesempatan Tersebut memaparkan bahwa nantinya pesawat yang akan dioperasikan untuk penerbangan dari Cepu ke Halim Perdanakusuma maupun sebaliknya, berjenis ATR 72 yang pada masa pandemi ini dapat mengangkut hingga 64 penumpang.

“Kurang lebih 1 jam 38 menit penerbangan, rencananya baik nanti dari Halim Perdana dan Cepu akan beroperasi satu kali atau dua kali dalam seminggu” ungkapnya

Dalam paparannya, Rahma turut menjelaskan terkait skema bantuan anggaran penerbangan (subsidi). Dalam bentuk dana deposit untuk pemenuhan subsidi penumpang dalam kurun waktu satu tahun.

“Apabila rute tersebut belum memenuhi target revenue yang ditetapkan, maka Pemda akan memenuhi selisih kekurangan target revenue dari dana deposit” jelas Rahma.

Dijelaskannya, target total revenue per flight sebesar Rp. 64.040.000. Pada kesempatan tersebut, Rahmakika juga menjelaskan secara detail mengenai komponen biaya operasional, harga jual tiket minimum dan maksimal dihadapan Bupati, Sekda dan sejumlah kepala OPD terkait.

Usai dilakukan pemaparan oleh Pihak Citilink, kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dengan jajaran Pemkab Blora terkait dengan tindaklanjut kedepannya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Plt Kepala Bappeda Blora beserta Kabid, Kepala Dinrumkimhub, sejumlah kepala OPD terkait, Kabag Hukum, Kabag Pemerintahan Setda. (Her/El)