Home DPRD Kota Semarang Maret Lelang, Agustus Pengerjaan Normalisasi BKT

Maret Lelang, Agustus Pengerjaan Normalisasi BKT

Dialog interaktif bersama DPRD Kota Semarang terkait Normalisasi Banjir Kanal Timur.
Semarang, 6/3 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Semarang menyebut proses lelang normalisasi Banjir Kanal Timur (BKT) akan dilakukan pada bulan Maret 2017 ini oleh Pemerintah Pusat. Sehingga setelah dilakukan lelang, setidaknya bulan April 2017 sudah tanda tangan kontrak dan dimulai pengerjaan normalisasi BKT.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang, Iswar Aminudin usai menjadi narasumber dalam Dialog Interaktif bersama DPRD Kota Semarang, Senin (6/3) di Hotel Semesta Semarang.
“Kami juga kaget, ternyata bulan Maret ini pemerintah pusat sudah melakukan lelang. Jika sudah lelang, paling tidak di bulan April sudah tanda tangan kontrak. Kemudian pelaksanaan segera dimulai,” kata Iswar.
Menurut Iswar, percepatan mega proyek normalisasi memang harus segera dilakukan, terlebih sosialisasi kepada PKL dan pemilik hunian yang berada di bantaran BKT juga sudah dilakukan. “Tinggal bagaimana kemudian pendataan masyarakat supaya bisa segera dipindah,” ujarnya.
Iswar mengaku jika Dinas PU hanya menangani Disposal Area atau memikirkan lokasi untuk menampung material buangan sendimentasi tanah saat normalisasi Banjir Kanal Timur. “Kalau pendataan PKL saya rasa ada dibawah wewenang Dinas Perdagangan, kalau relokasi hunian di bantaran BKT akan dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Semarang dibawah koordinasi Asisten II. Sedangkan Dinas PU hanya memikirkan Disposal Area saja kok,” lanjutnya.
Sementara itu, Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan langkah yang cepat harus segera dilakukan Pemkot Semarang khususnya dalam hal menyiapkan relokasi PKL dan warga yang terkena dampak Normalisasi BKT.
“Alhamdulillah warga semua sudah sadar kalau tempat yang mereka tempati itu bukan miliknya. Mereka juga seneng, mereka merespon baik, dan pemerintah kota juga sudah menyiapkan rumah susun untuk tinggal disana dan yang pedagang PKL sudah disiapkan tempat relikasi pasar Klithikan,” kata politikus PDI Perjuangan yang akrab disapa Pilus ini.
Menurutnya, sosialisasi normalisasi BKT sudah dilakukan Pemkot, selanjutnya akan dilakukan pembebasan. “Rencananya, Agustus kan sudah action dari BBWS, sudah ada alat, persiapan dan lain-lain. Efektifnya nanti diawal 2018, jadi masih ada waktu lah. Untuk bisa kejar supaya bisa segera memindahkan mereka ke relokasi,” katanya. (El)
Advertisements