Home Alkisah Mardini Penggiat Kelompok Tani Klaten Raih Mandom Kartini Award

Mardini Penggiat Kelompok Tani Klaten Raih Mandom Kartini Award

Klaten, 17/4 (BeritaJateng.net) – Keterlibatan perempuan dalam sektor pertanian ternyata mampu menyumbang peningkatan hasil produksi dan inovasi hasil pertanian. Hal ini dibuktikan oleh Mardini, Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Kartini Desa Bumiharjo Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten.

Sebagai wanita yang tinggal di kawasan pertanian produktif, Mardini berupaya menciptakan kreasi untuk memajukan hasil pertanian di desanya.

Pada tahun 2012, terciptalah gagasan mengumpulkan ibu-ibu dan remaja putri desanya yang terlerak di lereng gunung merapi untuk membuat kelompok wanita tani kreatif.

Kegitan kelompok wanita tani ini lengkap dari menanam, mengolah hingga menjual hasil pertanian.

“Sebuah upaya memanfaatkan lahan yang kami punya dan mengolah hasil pertanian kami. Waktu awal terbentuk kami belum punya banyak bekal. Produk unggulan dari kelompok kami waktu itu baru keripik jamur tiram. Saat itu masih sering ditolak pasar dianggap terlalu biasa,” Kata Mardini.

Reaksi pasar yang beragam membuat Mardini terus berinovasi mencipta kreasi hasil pertanian lainnya. “Beruntung kami selanjutnya dibina oleh Penyuluh Pertanian Lapangan yang mendorong kami akhirnya menemukan produk andalan lainnya yaitu keripik daun sirih,”jelas Mardini lagi.

Program pembuatan keripik daun sirih ini diawali dengan penanaman yang dilakukan di halaman rumah warga.

“Semakin banyak yang menanam kami semakin mudah membuat olahan daun sirih menjadi keripik andalan desa kami,”ujar Mardini bangga.

Selain itu juga KWT yang dipelopori Mardini juga memproduksi keripik kulit singkong, keripik bonggol pelepah pisang serta olahan manisan pepaya.

Pemasaran aneka snack dan makanan hasil pertanian Kelompok Wanita Tani (KWT) ini awalnya hanya berkisar di sekitaran desa saja dan pasar tradisional terdekat. “Hasil penjualan satu bulan baru mencapai 1 juta 700 rupiah.”

Dedikasi Mardini menciptakan kreatifitas hasil pertanian di desanya menarik perhatian PT Mandom Indonesia wilayah Soloraya dan Jaringan Jurnalis Perempuan Jawa Tengah yang sedang menyeleksi perempuan-perempuan inspiratif untuk mendapatkan apresiasi Mandom Kartini Award.

“Dari kisahnya, semangatnya kelompok wanita tani yang diprakarsai Bu Mardini ini layak mendapat apresiasi dan kami memilih Bu Mardini sebagai wanita inspiratif kedua dalam ajang ini,”ujar Agus Kristianto pimpinan area PT Mandom Indonesia wilayah Solo saat penyerahan Kartini Award di Desa Bumiharjo Kecamatan Kemalang Klaten.

Menurut Agus,produk dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Kartini ini unik dan berbeda. “Olahan keripik dari daun sirih itu inovasi. Tinggal ditingkatkan kemasannya agar bisa menembus pasar-pasar modern,”ujar Agus lagi.

Grebeg Award Mandom Kartini Award yang dilakukan adalah program lanjutan yang telah dilaksanakan pertama di Semarang awal April 2021 dengan peraih Award Penggagas Gerakan Sedekah 1000 rupiah per hari.

“Harus semakin banyak perempuan perempuan hebat terlahir karena akan semakin menginspirasi perempuaan lainnya,” pungkas Septi Wulandari salah satu tim penilai dari Jaringan Jurnalis Perempuan Jawa Tengah. (Shin/El)