Home Headline Mantan Plt Dinkes Blora Jadi Juara Nasional Pasangan KB Lestari

Mantan Plt Dinkes Blora Jadi Juara Nasional Pasangan KB Lestari

Juara Nasional Pasangan KB Lestari

BLORA, 17/6 (BeritaJateng.net) – Mantan Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dimkes) kabupaten Blora Jawa, Tengah Lilik Hernanto bersama pasangan setianya Emi Ratnawati menjadi juara Nasional KB lestari.

Lilik yang telah purna tugas atau pensiun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) beberapa bulan lalu, kaget dan tidak menyangka terpilih menjadi juara Nasional kategori pasangan KB lestari 20 tahun dalam rangka hari keluarga Nasional (Harganas) 2021.

“Sempat kaget, karena prosesnya lama ya. Sudah dua bulanan ini. Diumumkan Selasa 15 Juni kemarin, dapat juara 1 Nasional kategori pasangan KB lestari 20 tahun,” ungkapnya (Kamis, 17/6).

Waktu itu, lanjut Lilik, dalam rangka hari keluarga nasional ke 29 tahun 2021, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat menyelenggarakan Gebyar Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik tahun 2021.

Ada empat kategori, pertama Petugas Lapangan Keluaraga Berencana (PLKB) PNS, dua PLKB non PNS, tiga Institusi Masyarakat Pedesaan/ Perkotaan (IMP) yang peduli KB dan keempat Pasangan KB Lestari lebih dari 20 tahun, melalui daring atau online.

“Kebetulan Blora saya ditunjuk, saya dan istri KB sudah lebih dari 20 tahun, bahkan hampir 24 tahun seusia anak saya kedua,” imbuhnya.

Ditambahkan Lilik, memang yang di cari anaknya jelas dua. Interval jarak anak satu dengan nomer dua sesuai dengan jarak teori KB, sekitar 3-4 tahun.

“Selain itu saya bisa membantu program KB dilapangan. Saya waktu dinas di Dinas Keshatan itu kan saya juga sering ngomong KB, penyuluhan KB, pencegahan pernikahan dini atau pernikahan anak, dan lainya tentang KB, motivator KB paska persalinan di Puskesmas maupun di rumah sakit, ” jelas Lilik.

Dan juga, Lilik ini sebagai majelis gereja, diberi tugas membina calon pengantin grejawi. Disitu ia memberi masukan tentang keluarga kristen dibidang kesehatan, KB, pencegahan stanting.

“Dari situ saya dicalonkan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Blora, menjadi peserta ditingkat Provinsi dengan peserta 35 Kabupaten/kota se Jawa Tengah, ” paparnya.

Karena masih pandemi lombanya melalui daring atau online. Penyelenggaraanya sekitar dua bulan yang lalu, waktu itu masuk tiga besar yaitu, Kabupaten Blora, Kebumen dan Semarang Kota.

Setelah itu di uji lagi melalui daring pula soal seputar pengalaman tentang KB. ia dan pasanganya menjadi juara satu tingkat Provinsi. Ia mengira hanya berhenti sampai ditingkat Provinsi saja.

Satu bulan kemudian baru ada pengumuman lagi dari BKKBN pusat, untuk tingkat Nasional. Ada 18 Provinsi yang ikut dalam penilaian itu, dalam kategori yang sama.

Ujianya sama dengan webinar, pertanyaanya hampir sama seputar KB, penyuluhan KB, kepedulian KB di masyarakat.

Setelah Dua Minggu lebih diumumkan masuk grand final. Selasa 15 Juni, kemarin, masuk lima besar. Sebelumya diminta paparan selama 10 menit, kemudian masuk tiga besar, Jawa Tengah, Gorontalo dan Bali.

Selang beberapa menit, di tes lagi mengambil soal satu satu memaparkan seputar manfaat KB di masyarakat diberi waktu hanya 3 menit.

“Disitu langsung diumumkan saya dan istri saya sebagai juara satu tingkat Nasional kategori pasangan KB lestari 20 tahun,” tuturnya.

Kini Lilik Hernanto dan istrinya Emi Ratnawati meski sudah purna tugas, maaih mengahatumkan nama Blora di tingkat Nasional. Semoga menjadi inspirasi bagi generasi muda jaman sekarang. (Her/El)