Home Ekbis Malam Ini, SmarGres di Launching Menteri Pariwisata

Malam Ini, SmarGres di Launching Menteri Pariwisata

Jakarta, 13/4 (BeritaJateng.net) – Perhelatan ajang Semarang Great Sale (SmarGres) 2016 malam ini rencana akan dibuka (launching) langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Kementerian Pariwisata. ajang SmarGres kali ini dirasa sangat spesial, karena ajang tahunan ini dijadikan event nasional.

Ketua pelaksana Semargres 2016, Arnaz Agung Andrarasmara di Jakarta mengatakan, launching oleh Menteri yang akan dilaksanakan pukul 19.00 WIB malam ini, hingga saat ini sudah 100 persen.

“Semua yang terlibat dalam pembukaan SmarGres, sudah melakukan Gladi Bersih dan pukul 19.00 WIB malam ini kita sudah siap. Selain launching SmarGres, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga akan membuka ajang Semarang Night Carnival 2016,” terang Arnaz kepada BeritaJateng.net.

Lebih lanjut Arnaz mengatakan, dalam launching nanti, akan dimeriahkan oleh tari-tarian dari Sanggar Greget Semarang dan penampilan kostum night carnival juga akan disajikan makanan khas Semarang. Sesuai undangan, acara tersebut akan dihadiri 250 orang tokoh Semarang yang ada di Jakarta dan penggiat pariwasta,” tambah Arnaz.

Panggung Launching SmarGres di Kementerian Pariwisata, Jakarta.
Panggung Launching SmarGres di Kementerian Pariwisata, Jakarta.

“Launching nanti secara resmi oleh Bapak Menteri dan didampingi oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi, meski ini acara rutin tahunan, tapi kali ini sangat luar biasa,” tambah Arnaz.

Wisata Semarang

Ajang SmarGres akan digelar mulai tanggal 16 April sampai 15 Mei 2016. Uniknya dalam ajang tersebut, tidak hanya pelaku usaha besar seperti mall, hotel dan lainnya, tapi juga pedagang kaki lima turut memeriahkannya dengan memberikan diskon khusus selama event.

“Pelaku usaha besar, penerbangan misalnya, Garuda memberikan diskon dan paket wisata bagi wisatawan yang akan ke Semarang, juga hotel yang ada di Semarang juga memberikan diskon dan paket khusus,” ujarnya lagi.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, sengaja event SmarGres ini ditingkatkan bertaraf nasional. Untuk itu SmarGres dibuka oleh Menteri. Selain itu, pelaku-pelaku usaha yang turut memeriahkan juga semakin banyak. Antusiasme pelaku usaha baik besar maupun kecil sangat bagus karena selain meningkatkan wisatawan ke Semarang, juga sebagai kegembiraan menyambut HUT Kota Semarang yang Ke-469.

“Karena ini ajang menjadi event nasional, makakKita libatkan kawan-kawan pengusaha ekonomi kecil sampai besar untuk memperingati HUT Kota Semarang dan mensukses Semarang Great Sale 2016,” kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Semarang Great Sale

Lebih lanjut Walikota mengatakan, peserta Semargres 2016 ini mencapai 2 ribuan pelaku usaha, mulai dari pedagang kaki lima contohnya berbagai macam kuliner yang ada di kawasan Simpang Lima Semarang, sehingga wisatawan akan mendapatkan diskon selama sebulan jika makan di sana. Bahkan untuk menarik wisatawan, maskapai penerbangan pun ikut memberikan diskon.

“Diskon mulai dari PKL di Simpang Lima juga terlibat, toko elektronik, departemen stroe, mal, hotel, sampai maskapai. Jadi ini semakin banyak yang support. Target transaksi di SmarGres tahun ini Rp 150 Miliar, karena sebelumnya transaksi selama SmarGres mencapai Rp 120 Miliar,” tandasnya. (BJ)