Home Headline Mahasiswa KKN UNIVET Bantu Warga Blora Bikin Fermentasi Kotoran Sapi

Mahasiswa KKN UNIVET Bantu Warga Blora Bikin Fermentasi Kotoran Sapi

Mahasiswa KKN UNIVET Bantu Warga Blora Bikin Fermentasi Kotoran Sapi

BLORA, 27/8 (BeritaJateng.net) – Berawal dari banyaknya sapi di Dukuh Pelabuhan, Rt. 10 Rw. 02, Desa Karanganyar, Kecamatan Todanan, Blora membuat penumpukan limbah kotoran sapi yang menimbulkan pemandangan tak sedap.

Melihat hal itu, Nur Rohmat (22) seorang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Veteran (UNIVET) Bangun Nusantara Sukoharjo, melakukan penyuluhan dan praktek terkait ternak dan pemanfaatan limbah kotoran sapi, kepada warga serta pemuda setempat, Jumat (27/8/2021).

Nur Rohmat ingin memanfaatkan kotoran sapi yang ada di desa setempat, dengan fermentasi kotoran sapi untuk dijadikan pupuk organik dilahan pertanian warga, secara langsung tanpa ada perkakuan khusus.

Menurutnya penggunaan kotoran sapi sebagai pupuk telah umum dilakukan, terutama pada tanaman tahunan serperti pohon jeruk, pohon manga, pohon jambu kristal, dsb.

“Akan tetapi penggunaan kotoran sapi sebagai pupuk tanaman, mengalami masalah kematian pada pohon, ketika diberi kotoran sapi yang baru (fresh),” katanya.

Karena, lanjut Nur Rohmat, tidak adanya perlakuan khusus pada kotoran sapi yang masih baru tersebut.

Diharapkan dengan adanya penyuluhan dan praktek pembuatan fermentasi kotoran sapi sebagai pupuk tersebut, dapat membantu warga dalam pemanfaatan limbah kotoran sapi dengan baik dan benar.

Dalam dialog salah satu petani muda bernama Andik, juga mengaku dirinya pernah secara langsung menggunakan kotoran sapi untuk memupuk tanamanya, namun banyak yang mati.

“Betul seperti itu kondisinya mas, tanaman manga saya juga, 10 tinggal 3 pohon yang masih bertahan hidup sisanya mati semua mas”, tuturnya.

Bersamaan dengan kegiatan KKN Univet Bantara Sukoharjo di desa tersebut, Nur Rohmat berharap, kehadirannya dapat membantu para warga yang memiliki tani ternak, dapat memecahkan masalah yang ada pada tani ternak warga.

Hasil konsultasinya dengan sang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ir. Sri Sukaryani, M.Si. tidak cuma menghasilkan penyuluhan dan praktek pembuatan fermentasi limbah kotoran sapi saja, namun juga bisa tentang pakan ternak, manajemen kandang, sanitasi kandang, untuk ternak warga Dukuh Pelabuhan.

“Semoga ilmu yang saya dapatkan diperkuliahan dan kehadiran saya dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) disini, dapat membantu warga dalam tani ternaknya, agar dapat memajukan ekonominya terkhusus dalam bidang tani ternaknya.” Imbuhnya. (Her/El)