Home Headline Mahasiswa DEMA Justicia FH UGM Gelar Aksi Sosial Donasi Buku Peringati Hari...

Mahasiswa DEMA Justicia FH UGM Gelar Aksi Sosial Donasi Buku Peringati Hari Buku Nasional

Mahasiswa DEMA Justicia FH UGM Menyerahkan Donasi Buku ke Rumah Baca Komunitas.

Yogyakarta, 3/6 (BeritaJateng.net) – Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei, mahasiswa dan mahasiswi dari Departemen Pengabdian Masyarakat DEMA Justicia FH UGM menggelar beberapa rangkaian acara sosial secara daring.

“Kami mengadakan kompetisi kampanye melalui IG Story berupa me-review buku favorit dan aksi donasi buku yang kami buka dari tanggal 8-22 Mei 2022. Selain itu, kami juga menyebarkan infografis mengenai hari buku nasional yang kami unggah di akun IG @demajusticia,” ujar Fandy Salim selaku ketua pelaksana kegiatan ini.

Aksi yang dilakukan mahasiswa dan mahasiswi FH UGM ini mendapat respon baik dari kalangan masyarakat.

Cukup banyak yang antusias untuk mengikuti kompetisi IG Story dan aksi donasi buku yang pada akhir Mei lalu telah terkumpul sebanyak 186 buku dengan berbagai kategori mulai dari buku novel, buku pelajaran, buku non fiksi, dsb.

“Pada hari Selasa, 31 Mei 2022 lalu, Buku-buku hasil donasi tersebut telah kami salurkan ke beberapa komunitas, seperti Gadjah Mada Menginspirasi, Rumah Baca Komunitas, dan DEMA Mengajar yang merupakan salah satu program di Departemen kami yang nantinya akan terjun langsung ke masyarakat untuk berbagi ilmu kepada adik-adik yang berada di Desa Mardikorejo,” ucap Shalsabilla selaku Kepala Departemen Pengabdian Masyarakat DEMA Justicia FH UGM.

Salah satu yang menjadi tujuan buku donasi yaitu, Rumah Baca Komunitas yang berada di Dusun Kanoman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sesampainya disana, para mahasiswa ini disambut dengan baik oleh pengurus Rumah Baca Komunitas, yakni Arifin dan Dhani.

Pengurus Rumah Baca Komunitas menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas buku-buku yang telah disalurkan.

“Nantinya buku-buku ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan harapannya mampu menambah minat baca serta membuka wawasan pengetahuan yang lebih luas lagi,” ujar Arifin.

Ia menceritakan apa saja program sosial yang dilakukan Rumah Baca Komunitas untuk masyarakat, salah satunya yaitu membuka Perpustakaan yang dibuka setiap hari Minggu di Alun-alun Selatan Yogyakarta.

Pada kunjungan tersebut, para mahasiswa ini diberi sebuah hadiah berupa buku karya Kak Arifin yang bertajuk “Sagu Nusantara” sebagai kenang-kenangan dan ucapan terima kasih. (Ak/El)