Home Lintas Jateng Magelang Wakili Jateng Lomba Perencanaan Pembangunan

Magelang Wakili Jateng Lomba Perencanaan Pembangunan

760

kota-magelang

Magelang, 2/4 (BeritaJateng) – Kota Magelang mewakili Jawa Tengah mengikuti lomba perencanaan pembangunan tingkat nasional untuk memperebutkan Anugerah Pangripta Nusantara pada 2015, setelah melalui berbagai tahapan seleksi di tingkat provinsi setempat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang Joko Suparno di Magelang, Kamis, mengatakan keikutsertaan kota setempat pada lomba itu sebagai kesempatan ketiga kalinya secara berturut-turut sejak 2013.

“Pada 2013 masih gagal meraih penghargaan, pada 2014 meraih APN untuk kategori utama peringkat terbaik kedua tingkat nasional. Harapannya tahun ini meraih prestasi dan naik ke peringkat terbaik pertama,” katanya.

Ia menjelaskan penilaian untuk APN meliputi empat tahap, yakni tingkat kabupaten dan kota, yang berupa penilaian terhadap rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

Hal yang dinilai dalam RKPD, yakni keterkaitan, konsistensi, kelengkapan, kedalaman, dan keterukuran dengan bobot nilai 40 persen. Ketika itu Kota Magelang di urutan pertama dengan meraih nilai 3,24, sedangkan urutan kedua dan ketiga, masing-masing Kota Surakarta 2,88, dan Kabupaten Banjarnegara 2,85.

Penilaian tahap kedua, berupa verifikasi dan wawancara oleh tim penilai independen dan utama di bawah koordinasi Bappeda Jateng.

Aspek penilaian meliputi proses perencanaan teknokratis, “bottom up/top down”, perencanaan politis, dan inovasi dengan bobot nilai 60 persen.

Pada penilaian tahap kedua, Kota Magelang meraih nilai 3,594, Kabupaten Banjarnegara 3,060, dan Kota Surakarta 3,012.

Berdasarkan penilaian tahap pertama dan kedua, Kota Magelang meraih peringkat pertama sehingga berhak mewakili Jateng untuk maju pada penilaian tahap ketiga yang dilakukan Bappenas. Hal yang dinilai oleh Bappenas pada tahap ketiga, yakni dokumen RKPD.

“Apabila lolos penilaian tahap ketiga, dilanjutkan penilaian akhir tahap keempat, yaitu verifikasi dan wawancara yang juga dilakukan oleh Bappenas. Hasilnya akan diumumkan pada musyawarah perencanaan pembangunan nasional pada akhir April 2015,” katanya.

(ant/BJT1)