Home Hiburan Magelang Tampilkan 1000 Penari Topeng Ireng

Magelang Tampilkan 1000 Penari Topeng Ireng

image

Magelang, 19/3 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kabupaten Magelang menggelar tarian topeng ireng secara kolosal di Lapangan drh. Soepadi untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-31 Kota Mungkid yang merupakan ibu kota Kabupupaten Magelang.

“Jumlah penari yang tampil sekitar 1.000 penari dari 21 grup kesenian topeng ireng di Kabupaten Magelang, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Edy Susanto di Magelang, Kamis.

Ia mengatakan gelar tarian topeng ireng secara kolosal ini untuk memberi pengakuan bahwa kesenian ini merupakan kesenian rakyat Magelang.

“Pemkab ingin memberi pengakuan bahwa kesenian ini lahir di Magelang dan sampai saat ini terus berkembang di Magelang,” katanya.

Ia mengatakan pementasan kesenian topeng ireng ini juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Magelang dalam HUT ke-31 Kota Mungkid.

Ketua Sanggar Kesenian Wono Seni Bandongan, Ipang, menyambut baik pementasan tari topeng ireng secara kolosal tersebut.

“Pertunjukan topeng ireng secara kolosal ini membuktikan bahwa kesenian asli Magelang ini masih tumbuh berkembang di Magelang dan kegiatan seperti ini bisa ditindaklanjuti di masa mendatang,” katanya.

Ia mengakui dalam beberapa tahun terakhir kesenian topeng ireng kurang menonjol, maka dengan kegiatan ini bisa memberi semangat kepada generasi muda untuk melestarikan topeng ireng.

Topeng ireng merupakan satu bentuk tradisi seni pertujukan yang berasimilasi dengan budaya lokal Jawa Tengah. Topeng ireng yang juga dikenal sebagai kesenian dayakan ini adalah bentuk tarian rakyat kreasi baru yang merupakan hasil metamorfosis dari kesenian kubro siswo.

Daya tarik utama yang dimiliki oleh kesenian topeng ireng terletak pada kostum para penarinya. Hiasan bulu warna-warni serupa mahkota kepala suku Indian menghiasi kepala setiap penari. Senada dengan mahkota bulunya, rias wajah para penari dan pakaian para penari juga seperti suku Indian.(ant/BJ)