Home Headline Mabes Polri Grebek “Pabrik” Uang Palsu, Amankan Rp 7 M

Mabes Polri Grebek “Pabrik” Uang Palsu, Amankan Rp 7 M

Polisi menunjukkan upal yang disita dalam penggrebekan di lokasi kejadian.

Magelang, 21/7 (BeritaJateng.net) – Bareskrim Mabes Polri menggrebek sebuah tempat yang dijadikan pabrik pembuatan uang palsu (upal) di Jalan Raya Secang tepatnya di Dusun Karangmalang RT 09 RW 03 Desa Candisari Secang Magelang, Kamis (21/7/2016) sekira pukul 12.00 WIN.

Dari penggrebekan tersebut polisi mengamankan sedikitnya Rp 7 Miliar uang palsu pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribuan.

Informasi yang berhasil dihimpun, dalam penggrebekan yang dipimpin Kompol Dewa bermula dari penangkapan tersangka Eko Yulianto di Dusun Badran Kidul RT 02 RW 06 Kranggan Temanggung. Dari pengembangan itu, polisi mengamankan Aris Munandar dan Herianto yang diketahui sebagai Kasi Pemerintahan Desa Candisari Secang Magelang.

Heriyanto, salah seorang pelaku yang diamankan dalam penggrebekan di Secang.
Heriyanto, salah seorang pelaku yang diamankan dalam penggrebekan di Secang.

Selain mengamankan para pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa Alat Sablon sebanyak 28 kotak ukuran 30X40 CM, tempat alas sablon Ukuran 40X60 cm, 1 foto kopi merk docu print 3300, Print cartridge cyan type 9 sebanyak 3 unit, Print cartridge black type 9 merk fuji xerox 8 unit, Peralatan sablon dan tinta.

Barang bukti lainya 1 mesin alat pemotong kertas, Uang palsu yang belum dipotong sebanyak Rp 5 Miliard dengan pecahan Rp 50 ribuan dan Rp. 100 ribuan, Uang palsu yang sudah dipotong pecahan Rp. 50 ribuan dan Rp. 100 ribuan sebanyak Rp 2 M. Total upal yang berhasil diamankan sebanyak Rp 7 Miliar.

Hingga saat ini, para tersangka dan barang bukti masih diamankan petugas Bareskrim dan Polsek Secang untuk dilakukan pengembangan. Dan hingga berita ini ditulis belum ada keterangan resmi dari petugas yang berwenang. (BJ)

Barang bukti uang palsu sebanyak Rp 7 Miliar yang diamankan petugas.
Barang bukti uang palsu sebanyak Rp 7 Miliar yang diamankan petugas.