Home Ekbis LPDB Jadi Solusi Pembiayaan UMKM

LPDB Jadi Solusi Pembiayaan UMKM

image

Jepara, 17/4, (beritajateng.net) – Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kemas Danial memberikan sosialisasi terkait solusi pembiayaan bagi UMKM dan Koperasi, di depan kelompok budidaya air payau dan UMKM Jepara.

Melalui progam dana bergulir dari LPDB, diharapkan masyarakat tak mengalami kesulitan menjalankan usaha. Selain itu, masyarakat tak harus bergantung pada pinjaman bank dengan bunga tinggi.

Tahun 2015 ini Kemas menyatakan, ada Rp 2,35 Triliun dana yang akan disalurkan ke 34 Provinsi di Indonesia. Besarannya, disesuaikan dengan pertumbuhan koperasi dan UMKM di masing – masing daerah.

Kemas menilai, dana bergulir ini menjadi solusi yang tepat dan ditunggu-tunggu masyarakat. Progam dana bergulir ini menjadi stimulus yang murni memberikan kredit lunak. Melalui progam ini, masyarakat bisa mencairkan dana mulai dari Rp 100 juta sampai Rp 50 Milyar.

”Jumlah ini disesuaikan dengan modal koperasi/UMKM itu sendiri,”
katanya pada sosialisasi yang dilakukan di aula BBPBAP Jepara ini.

Bunga yang ditetapkan dan syarat untuk memperoleh pinjaman dana bergulir inipun sangat ringan.

Pihaknya menurunkan pihaknya menurunkan suku bunga dari yang awalnya di atas 6 persen menjadi 5 persen saja per tahunnya untuk sektor riil. Untuk mendapatkan pinjaman bergulir tersebut, koperasi maupun UMKM minimal harus berusia dua tahun dan telah berbadan hukum. Selain itu, koperasi dan UMKM harus dalam posisi untung dan tidak merugi.

”Waktu pengembalian pinjaman bergulir tersebut bervariasi, antara tiga sampai lima tahun,” urainya.

Kemas menyatakan, progam ini sudah berjalan kurang lebih 7 tahun. Kemas menilai progam tersebut sangat efektif. Hal tersebut nampak dari banyaknya peminat progam tersebut.

”Saat ini ada lebih dari 30 ribu yang berada dalam daftar tunggu,” jelasnya.(bj18)