Home Lintas Jateng Lonjakan Arus Mudik Belum Terjadi Di Terminal Mangkang

Lonjakan Arus Mudik Belum Terjadi Di Terminal Mangkang

image

Semarang,8/7 (beritajateng.net) -Menjelang hari raya Idul Fitri 1436 H, arus mudik di dua terminsl besar di kota Semarang masih terlihat sepi, khususnya di terminal Mangkang Semarang. Masih belum ada lonjakan pemudik dari arah barat.

Posko-posko mudik lebaran yang ada di sekitar terminal juga masih terlihat sepi dan kemungkinan baru akan mulai beroperasi pada H-7 nanti.

Joko Umboro Jati selaku kepala UPTD Terminal Mangkang mengungkapkan kemungkinan arus mudik  akan mulai terlihat pada H-7 atau pada akhir pekan ini. “Kenaikan penumpang kemungkinan sebesar 5 persen dibandingkan tahun lalu,” ujarnya Rabu (8/7).

Tahun lalu sendiri tercatat kurang lebih terdapat 128.127 orang penumpang yang turun di Terminal Mangkang, untuk transit dan melanjutkan perjalanan ke beberapa kota besar lainnya yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 Di tahun ini telah disiapkan beberapa Angkutan Kota Antar Propinsi (AKAP)  sebanyak 478 unit, Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) 98 unit dan Angkot sebanyak 91 unit, guna melancarkan pemudik nantinya.

Pihak UPDT dari Terminal Mangkang sendiri, ungkapnya juga telah berkerjasama dengan pengusaha bus dengan mendirikan perwakilan loket di sekitar Terminal Mangkang pada persiapan arus mudik tahun ini. “Progam ini sudah mulai efektif pada 5 Juli lalu dan telah berjalan,” tambahnya. (MG-3)