Home Hiburan Lomba Kreasi Ikan Mangut di Kota Semarang

Lomba Kreasi Ikan Mangut di Kota Semarang

image
Peserta festival mangut di Semarang

Semarang, 11/1 (beritajateng.net) – Mangut menjadi makanan yang familiar bagi masyarakat Semarang, Mangut yang biasa dimasak dengan bumbu pedas bersantan ini disajikan berbeda dalam Festival Mangut yang diselenggarakan oleh Kecamatan Semarang Utara, Minggu.

Aroma sangit pada ikan membuat cita rasa masakan ini terasa sedap dan berbau khas. Dibuat dari berbagai ikan yang di asap seperti tongkol, manyung hingga ikan pari atau yang biasa disebut ikan Pe.

Sebanyak 27 ibu rumah tangga dari 9 kelurahan, berlomba-lomba menyuguhkan masakan mangut dengan beraneka cara pengolahan.

Salah satunya Ibu Supriyati Rahayu, warga Kelurahan Bulu Lor Semarang Utara yang menjadi peserta lomba masak festival mangut.

Dengan waktu 180 menit harus menyajikan masakan berbahan dasar ikan mangut. Alhasil dengan kreatifitas dan keahlian memasak dari ibu-ibu tersebut, ikan mangut berbau khas itu diolah menjadi aneka masakan seperti sate, pepes, sup, hingga aneka cemilan seperti perkedel, arem-arem dan lumpia.

“Mengolah ikan mangut itu gampang-gampang susah, baunya yang sangit justru jadi tantangan dalam mengolah, sehingga butuh kreativitas dan keahlian memasak yang baik,” ujar Supriyati. (BJ05)