Home Headline Lokalisasi Gang Sadar Tutup Hingga Lebaran

Lokalisasi Gang Sadar Tutup Hingga Lebaran

Penghuni gang Sadar Baturaden saat menjalani tes urine.

Banyumas,5/6 (BeritaJateng.net) – Untuk menghormati bulan puasa, kawasan lokalisasi Gang Sadar (GS) di Baturaden mulai tutup sejak H-2 Ramadhan, atau mulai tanggal 3 Juni. Penutupan total GS ini akan berlangsung sebulan penuh, hingga pasca Lebaran.

Ketua Paguyuban Anak Kos Gang Sadar, Amir Ma’ruf mengatakan, dengan penutupan GS ini, praktis tidak ada aktivitas di Gang Sadar. Para anak kos juga mudik ke kampung halaman masing-masing dab baru kembali setelah Lebaran.

“GS mulai tidak beroperasi hari Jumat (3/6), anak-anak kos juga pulang mudik semua,” katanya.

Setelah ditinggal para penghuninya mudik, untuk menjaga keamanan, warga sekitar akan melakukan ronda keliling rutin. Mengingat, banyak rumah kos yang kosong, sehingga diperlukan pengamanan.

Anak kos di kawasan GS sendiri sekarang berjumlah sekitar 100 orang. Sebagian besar mereka melakukan praktik freelance di luar Gang Sadar. Meskipun dikenal sebagai lokalisasi, namun kawasan GS hanya sebagai tempat kos para pekerja seks komersial (PSK) saja. Selebihnya, aktivitas para PSK ini dilakukan diluar GS.

Sebelum para anak kos ini pulang kampung, pengurus paguyuban akan membagikan tabungan para penghuni GS. Tabungan tersebut merupakan uang yang disisihkan para anak kos selama satu tahun. Menurut Amir, untuk tahun ini, jumlah total tabungannya mencapai Rp 300 juta lebih.

“Tabungan ini, biasanya untuk modal hidup para anak kos selama sebulan di kampung halaman, sekaligus juga untuk membeli oleh-oleh buat keluarga di kampung. Terkadang, dengan modal uang tabungan Lebaran ini, ada juga anak kos yang usahanya berhasil selama sebulan dan akhirnya memilih untuk menekuni usaha, sehingga tidak kembali lagi ke GS,” kata Amir. (BJ33)