Home Headline Lima Parpol Jajaki Koalisi Hadapi Pilwakot Semarang

Lima Parpol Jajaki Koalisi Hadapi Pilwakot Semarang

koalisi
Ilustrasi

Semarang, 18/2 (BeritaJateng.net) – Partai Demokrat Kota Semarang mengakui pertemuan lima partai politik yang baru saja dilakukan masih sebatas langkah penjajakan untuk mewujudkan koalisi besar.

“Pertemuan lima pimpinan parpol itu masih sebatas komunikasi-komunikasi politik,” kata Wakil Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Semarang Danur Rispriyanto di Semarang, Rabu malam.

Ia mengatakan kelima pengurus lima parpol, yakni Demokrat, Gerindra, Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN) hadir dalam pertemuan pada Jumat (13/2) lalu.

Pada pertemuan lima parpol yang difasilitasi Demokrat itu, kata dia, masing-masing parpol masih menyampaikan pandangan secara umum terkait dengan Pemilihan Wali Kota Semarang 2015. “Dari Demokrat, Golkar, dan PKS yang datang (pertemuan, red.) langsung ketua tingkat kota, Gerindra diwakili ketua desk pilkada, sementara dari PAN yang hadir sekretaris DPD-nya,” katanya.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Semarang itu mengatakan komunikasi politik antarparpol sangat diperlukan dalam melakukan langkah apapun, bukan hanya untuk langkah menghadapi pilwakot.

Ditanya progres dari pertemuan lima parpol itu, ia mengatakan kelima parpol masih akan terus melanjutkan pertemuan serupa untuk menyamakan persepsi dan pandangan terkait pilwakot.

“Kebetulan, kami memfasilisi pertemuan yang kemarin. Sebelumnya, difasilitasi oleh PKS. Untuk pertemuan selanjutnya siapa yang gantian memfasilitasi, nanti dikomunikasikan,” kata Danur.

Yang jelas, kata dia, progres atau kemajuan langkah koalisi besar itu bisa disebut ketika kesepahaman dari masing-masing parpol yang ditandai dengan penandatanganan MoU atau nota kesepahaman. “Dari pertemuan kemarin, disepakati memang perlu ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan berikutnya. Intinya, kan ‘kepengin’ semua baik, visi sama, tujuan sama, semua setara,” pungkas Danur.

Senada dengan itu, Ketua DPD PAN Kota Semarang Wachid Nurmiyanto mengatakan pertemuan yang digelar lima parpol masih sebatas komunikasi politik untuk menyamakan persepsi dan pandangan.

“Kabar terbaru, ya, pertemuan kemarin Jumat (13/2). Namun, (pertemuan lima parpol, red.) itu masih ngobrol-ngobrol saja. Belum sampai penentuan nama (calon), dan sebagainya,” katanya. (Bj05)