Home News Update Libur Natal, Tempat Wisata di Semarang Banjir Pengunjung

Libur Natal, Tempat Wisata di Semarang Banjir Pengunjung

Semarang, 25/12 (BeritaJateng.net) – Libur panjang pada perayaan Natal tahun ini terasa sangat membahagiakan. Bagaimana tidak? Usai pengumuman rapor, dilanjutkan dengan libur sekolah yang langsung disambung dengan libur natal dan tahun baru.

Alhasil, hampir seluruh destinasi wisata di Kota Semarang dipenuhi dengan para pelancong. Tidak hanya dari dalam kota, namun juga mereka yang berasal dari luar kota.

“Jumlah pengunjung kami di hari Minggu ini mencapai 1.000 orang. Rata-rata justru berasal dari luar kota,” terang Marcom Water Blaster Nina, Minggu (25/12).

Diakui, panjangnya hari libur hingga Senin ini membuat warga banyak berburu tempat wisata. Ditunjang lagi dengan warga yang tidak merayakan Natal namun ikut libur sehingga memanfaatkan waktu untuk bersama keluarga mereka.

Dijelaskan, para pengunjung masih favorit bermain di kolam ombak yang memang baru dibuat pada pertengahan tahun ini. Selain itu, bagi anak-anak muda juga menyukai permainan seluncur bumerang yang cukup menantang.

“Kalau ombak biasanya keluarga namun boomerang cuma anak muda karena cukup memancing adrenalin,” tukasnya.

Ditambahkan, pihaknya memperkirakan masih akan padat pengunjung hingga awal tahun 2017 nanti. Pasalnya, tahun baru jaatuh tepat pada hari Minggu dimana Seninnya juga ada kebijakan cuti bersama.

Senada, Kepala Taman Margasatwa (Bonbin) Mangkang Kusyanto mengakui ada lonjakan cukup drastis pengunjung di hari libur Natal ini disbanding hari Minggu biasanya.

Terlebih, di Kota Semarang sendiri belum ada taman margasatwa serupa sementara untuk bepergian ke bonbin di kota lain cukup jauh. “Bagaimanapun, Taman Margasatwa Mangkang masih menjadi favorit warga karena belum ada duanya di Semarang,” ujarnya.

Adapun jumlah pengunjung cukup berimbang antara dari dalam kota dan luar kota. Wisawatan dari luar kota sendiri biasanya tidak hanya datang ke bonbin, namun juga memiliki agenda wisata lain di kota ini dalam satu hari.

Rata-rata pengunjung luar kota berasal dari Kendal, Batang, Pekalongan dan Tegal. Adapun pengunjung dari arah timur kota hanya berasal dari Demak, Purwodadi dan sebagian Kudus sementara bagian selatan cukup minim.

“Harimau dan gajah masih menjadi favorit warga untuk dikunjungi begitupun dengan memberi makan rusa,” imbuhnya.

Asron, Kepala UPTD Taman Wisata Gua Kreo mengaku mendapat kunjungan wisatawan di angka hampir 1000 pengunjung lebih di libur Natal ini. Kunjungan wisawatan sendiri terus meningkat seiring dengan keberadaan Waduk Jatibarang. (El)

Advertisements