Home Hiburan Libur Lebaran,  Lebih 100 Ribu Wisatawan Kunjungi Owabong

Libur Lebaran,  Lebih 100 Ribu Wisatawan Kunjungi Owabong

Libur Lebaran,  Lebih 100 Ribu Wisatawan Kunjungi Owabong
             Purbalingga, 4/7 (BeritaJateng.net) – Selama libur lebaran terhitung mulai H+1 lebaran hingga Senin (3/7), jumlah pengunjung Owabong mencapai 112.235 orang. Jumlah wisatawan ini terdiri dari wahana waterpark Owabong dan Sanggaluri Park. Kunjungan ke waterpark mencapai 97.235 orang, sedangkan pengunjung Sanggaluri Park sebanyak 15.000 wisatawan. Sementara pengunjung taman kota Usman Janatin City Park dan Owabong cottage belum dilaporkan.
            “Kami optimis, target kunjungan wisatawan selama libur lebaran ke Owabong sebanyak 120 ribu wisatawan akan bisa tercapai,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Perusahaan Daerah (PD) Owabong, Drs Hartono, Selasa (4/7).
            Disebutkan Hartono, Owabong menggelar sejumlah even menarik yang bertajuk ‘Lebaran Ngumpul Bareng Sedulur’  mulai mulai 25 Juni hingga 16 Juli 2017 mendatang. Manajemen Owabong menyebar hadiah dari udara dengan paramotor yang didatangkan dari Yogyakarta. Selain itu juga digelar lomba tangkap ikan di kolam arus, sebar uang melalui balon yang ditembak di udara diatas kolam tsunami serta sejumlah even menarik lainnya. “Dengan harga tiket Rp 30 ribu per pengunjung, animo masyarakat luar biasa untuk mengisi libur lebaran di Owabong,” kata Hartono.
             Pada libur lebaran tahun 2016 silam, Owabong mamtok target kunjungan 80 orang dan mampu terealisasi sebanyak sebanyak 115.652 wisatawan.
            Hartono mengatakan, manajemen Owabong yang juga mengelola taman kota Usman Janatin City Park juga membuka wahana baru empat dimensi yang diberi nama ‘Perwira Monumen Art’. Setidaknya ada 18 gambar yang disiapkan untuk foto-foto selfi bagi pengunjung. “Jika Kabupaten Kebumen, pekan lalu juga meluncurkan wahana foto empat dimensi ini dari cetakan vinil, Purbalingga juga meluncurkan hal yang sama, tetapi dengan keunikan yang berbeda. Gambar tiga dimensi bukan cetakan, tetapi dilukis langsung oleh seniman tiga dimensi. Di monumen art yang bertiket masuk Rp 20 ribu per orang, juga disiapkan wahana ruang terbalik. Pokoknya lebih unik dan menarik, silahkan datang saja ke Usman Janatin City Park,” kata Hartono.
Hadiah Mobil
            Hartono menambahkan, untuk meningkatkan kunjungan ke Owabong, terhitung mulai 17 Juli 2017 hingga 18 Maret 2018, Owabong akan mengundi setiap tiket masuk ke waterpark, Sanggaluri dan cottage Owabong. Hadiah yang disiapkan yakni satu buah mobil Datsun Go, tiga unit sepeda motor, dan sejumlah hadiah menarik lain sepertitelevisi, kipas angin, kompor gas, rice cooker dan lainnya.
            “Untuk dapat ikut undian mobil, setiap pengunjung Cuma diwajibkan membeli tiket masukdi tiga wahana yakni waterpark, Sanggaluri Park dan cottage Owabong. Promo ini sebagai wujud apresiasi kepada pengunjung yang selama ini setia menjadikan Owabong sebagai destinasi tujuan liburan wisata utama keluarga di Jawa Tengah,” kata Hartono.
            Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata Purbalingga Drs Mulyanto yang dihubungi terpisah mengatakan, pihaknya saat ini masih mendata jumlah total kunjungan wisatawan ke Purbalingga. Kunjungan wisata itu baik di lokasi milik Pemkab maupun yang dikelola swasta dan lokasi daya tarik desa wisata. “Tahun 2017 ini target kunjungan 245 ribu orang, dan kami masih menghitung karena menunggu laporan dari masing-masing pengelola daya tarik wisata,” kata Mulyanto.
            Khusus untuk kunjungan ke Goa Lawa, Mulyanto mengatakan jumlah pengunjungnya  menurun. ‘Jumlah pengunjungnya sebanyak 15.328 orang, atau menurun sekitar 3.000 orang jika dibanding tahun 2016. Namun, dari sisi pendapatan yang disetor ke kas daerah mengalami kenaikan karena seiring dengan naiknya harga tiket masuk sesuai Perda yang baru. Pendapatan yang disetor sebesar Rp 386.430.000,-,” kata Mulyanto. (yit/el)